INOVASI PELAYANAN PUBLIK DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN PASAMAN (STUDI KASUS PELAYANAN E-KTP KELILING)

Fauzan Maulana, - (2020) INOVASI PELAYANAN PUBLIK DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN PASAMAN (STUDI KASUS PELAYANAN E-KTP KELILING). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB V.pdf

Download (6MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (802kB)

Abstract

ABSTRAK INOVASI PELAYANAN PUBLIK DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN PASAMAN (STUDI KASUS PELAYANAN E-KTP KELILING) Oleh : FAUZAN MAULANA Penelitian ini dilakukan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DISDUKCAPIL) Kabupaten Pasaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan inovasi pelayanan publik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pasaman yaitu pelayaan E-KTP keliling serta untuk mengetahui faktor pendukung dalam melakukan pelayanan E-KTP keliling. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif yaitu dengan mendiskripsikan hasil penelitian dan menganalisa sehingga diperoleh hasil kemudian menyimpulkannya. Informan dalam penelitian ini adalah pegawai dinas dan masyarakat yang peneliti ambil berdasarkan teknik purposive sampling dan menjadikannya key informan, terdiri dari 5(lima) orang pegawai dinas dan 10 (sepuluh) orang masyarakat yang melakukan pelayanan E-KTP keliling. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk melihat hasil penelitian dan pembahasan. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan inovasi pelayanan E-KTP keliling dapat dikatakan sesuai dengan kriteria inovasi yang ditetapkan oleh PERMENPAN-RB terdiri dari 5 (lima) kriteria inovasi yaitu: Memiliki Kebaruan, Efektif, Bermanfaat, Tranfer/replikasi, dan Berkelanjutan. Sehingga diperoleh hasil bahwa penerapan inovasi yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pasaman yaitu inovasi pelayanan E-KTP keliling memiliki kebaruan inovasi yang dilakukan efektif, inovasi yang dilakukan bermanfaat baik bagi masyarakat maupun organisasi dan inovasi yang dilakukan berkelanjutan terus menerus. Dengan faktor pendukung yaitu Sumber Daya Manusia/Petugas pelayanan E-KTP keliling, Target dan Komitmen, Sarana dan Prasarna, dan Pertisipasi Masyarakat. Kata kunci : Pelayanan, Inovasi Pelayanan Publik, E-KTP Keliling, DISDUKCAPIL.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 350 Administrasi Negara, Ilmu Kemiliteran > 351 Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 10 Aug 2020 02:27
Last Modified: 10 Aug 2020 02:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29070

Actions (login required)

View Item View Item