Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENAMBANGAN PASIR TERHADAP PENINGKATAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DI DESA TELUK JIRA KABUPATEN INDRAGIRI HILIR DITINJAU MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Elmi Susanti, - (2020) PENGARUH PENAMBANGAN PASIR TERHADAP PENINGKATAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DI DESA TELUK JIRA KABUPATEN INDRAGIRI HILIR DITINJAU MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV BENAR.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (686kB)
[img] Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV benar.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Elmi Susanti. (2020): “Pengaruh Penambangan Pasir terhadap Peningkatan Perekonomian Masyarakat di Desa Teluk Jira Kabupaten Indragiri Hilir di Tinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam. Pemberdayaan masyarakat dapat dilihat dari tiga sisi. Pertama, menciptakan suasana suatu iklim yang memungkinkan potensi masyarakat berkembang. Kedua, memperkuat potensi atau daya yang dimiliki masyarakat dan ketiga, memberdayakan menganalisis arti melindungi pemberdayaan masyarakat yang bukan membantu masyarakat menjadi semakin tergantung kepada berbagai program pemerintah, karena pada dasarnya setiap apa yang dinikmati harus dihasilkan atas usaha sendiri. Variabel X dalam penelitian ini adalah penambang pasir dan variabel Y dalam penelitian ini adalah peningkatan perekonomian masyarakat. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: bagaimanakah pengaruh penambangan pasir terhadap peningkatan perekonomian masyarakat di Desa Teluk Jira Kabupaten Indragiri Hilir, selanjutnya bagaimanakah tinjauan ekonomi Islam terhadap pengaruh penambangan pasir terhadap peningkatan perekonomian masyarakat di Desa Teluk Jira Kabupaten Indragiri Hilir. Subjek dalam penelitian ini ialah masyarakat penambang pasir di Desa Teluk Jira Kabupaten Indragiri Hilir. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah pengaruh penambangan pasir terhadap peningkatan perekonomian masyarakat di Desa Teluk Jira Kabupaten Indragiri Hilir. Selanjutnya populasi dalam penelitian ini adalah 63 orang, sedangkan yang menjadi sampel adalah 63 masyarakat penambang pasir di Desa Teluk Jira Kabupaten Indragiri Hilir dengan menggunakan metode total sampling. Adapun hasil penelitian adalah sebagai berikut: Pertama, Setelah dianalisis dengan bantuan SPSS Versi 21.00 bahwasanya variabel penambangan pasir berpengaruh signifikan terhadap peningkatan perekonomian masyarakat di Desa Teluk Jira Kabupaten Indragiri Hilir dengan besaran pengaruh yang diberikan sebesar 49,1%. Kedua, Penambangan pasir yang dilakukan oleh masyarakat di Desa Teluk Jira Kabupaten Indragiri Hilir dalam meningkatkan perekonomian masyarakat adalah termasuk kepada pemberdayaan masyarakat Islam. Pemberdayaan masyarakat menjadikan masyarakat mandiri, memiliki keterampilan serta kreatif dan berkompeten. Melalui pemberdayaan masyarakat dapat memiliki inisiatif dan kemampuan untuk mengelola sendiri sumber daya mereka. Sehingga dengan mereka dapat mengelola dan membentuk penggalian kemampuan pribadi, kreatifitas, kompetensi dan daya pikir dapat merubah kehidupannya pula dengan kemampuan dan keahlian yang dimiliki. Kata kunci: Penambangan pasir, Peningkatan perekonomian, Ekonomi islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 10 Aug 2020 04:01
Last Modified: 10 Aug 2020 04:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29059

Actions (login required)

View Item View Item