Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK PENGKONDISIAN AVERSI DALAM MENGATASI PERILAKU MEMBOLOS SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KAMPAR TIMUR

Eko Pradana, - (2020) EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK PENGKONDISIAN AVERSI DALAM MENGATASI PERILAKU MEMBOLOS SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KAMPAR TIMUR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV eko.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (573kB)
[img] Text
gabungan eko.pdf

Download (21MB)

Abstract

ABSTRAK Eko Pradana, (2020): Efektivitas Layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Pengkondisian Aversi dalam Mengatasi Perilaku Membolos Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar Timur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perilaku membolos siswa dan apakah layanan konseling kelompok dengan teknik pengkondisian aversi dapat mengatasi perilaku membolos siswa di SMA Negeri 1 Kampar Timur. Penelitian ini merupakan penelitian pre eksperiment design. Desain penelitian yang digunakan adalah satu kelompok prates-postest (the one group pretest-posttest). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMAN 1 Kampar Timur, dan objek penelitian ini adalah efektivitas konseling kolompok dengan teknik pengkondisian aversi dalam mengatasi perilaku membolos siswa di SMA Negeri 1 Kampar Timur. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas dengan sampel yang diambil yaitu sebanyak 10 orang siswa. Teknik yang peneliti gunakan dalam mengambil sampel ini adalah purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik non-parametrik wilcoxon. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan diperoleh bahwa perilaku membolos siswa sebelum dilaksanakan layanan konseling kelompok dengan teknik pengkondisian aversi mencapai persentase sebesar 81,90% dengan rata-rata skor sebesar 17,2 dengan kategori tergolong tinggi dan sesudah dilaksanakan layanan konseling kelompok dengan teknik pengkondisian aversi mampu mencapai persentase sebesar 2,38% dengan rata-rata skor sebesar 0,5 dengan kategori tergolong rendah. Hasil uji analisis menggunkan wilcoxon signed rank diperoleh angka probabilitas asymp. sig. (2- tailed) sebesar 0,005 < 0,05 sehingga Ha diterima yang berarti layanan konseling kelompok dengan teknik pengkondisian aversi memiliki pengaruh yang signifikan dalam mengatasi perilaku membolos siswa di SMA Negeri 1 Kampar Timur perilaku membolos siswa. Kata Kunci: Konseling Kelompok, Teknik Pengkondisian Aversi Perilaku Membolos.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 10 Aug 2020 04:17
Last Modified: 10 Aug 2020 04:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29054

Actions (login required)

View Item View Item