Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

UJI BEBERAPA KONSENTRASI TEPUNG DAUN SERAI (Cymbopogon citratus (DC.) Stapf.) TERHADAP MORTALITAS HAMA KUTU BERAS (Sitophilus oryzae L.)

NOVIA INDRI LESTARI, - (2020) UJI BEBERAPA KONSENTRASI TEPUNG DAUN SERAI (Cymbopogon citratus (DC.) Stapf.) TERHADAP MORTALITAS HAMA KUTU BERAS (Sitophilus oryzae L.). Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] Text
SKIRPSI FULL.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sitophilus oryzae L. adalah hama utama beras dalam penyimpanan yang menyebabkan kerusakan ekonomi. Pengendalian S. oryzae L. masih menggunakan pestisida sintetik yang menyebabkan dampak negatif pada lingkungan. Maka perlu dilakukan pengendalian secara alami dengan pestisida nabati tanaman serai. Daun serai memiliki kandungan minyak atsiri yang dapat bekerja sebagai racun kontak dan sistemik. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan konsentrasi tepung daun serai (TDS) yang paling efektif terhadap mortalitas S. oryzae L. Penelitian telah dilaksanakan pada bulan November sampai Desember 2019 di Laboratorium Patologi, Entomologi, Mikrobiologi dan Ilmu Tanah Fakultas Pertanian dan Peternakan, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Metode yang digunakan penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap, 5 perlakuan dan 4 ulangan, dengan menguji beberapa konsentrasi TDS yaitu 0, 7, 9, 11 dan 13%. Peubah yang diamati yaitu awal kematian, mortalitas total, kecepatan kematian, LT50, LC50 dan uji kualitas nasi. Hasil penelitian menunjukan konsentrasi 13% memberikan kematian awal 10,50 jam, mortalitas total 82,5%, kecepatan kematian 1,778 ekor/hari, nilai LT50 3,6 hari, nilai LC50 8,057% dan uji organoleptik memberikan aroma agak bau dan khas, uji warna hampir sama dengan nasi 0%, uji rasa memberikan rasa yang enak dan gurih. Kesimpulan penelitian ini adalah konsentrasi 13% merupakan konsentrasi yang efektif terhadap mortalitas S. oryzae L. Kata Kunci : beras, mortalitas, serai, Sitophilus oryzae L.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 630.7 Pendidikan Pertanian, Riset Penelitian Pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 06 Aug 2020 03:47
Last Modified: 06 Aug 2020 03:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29043

Actions (login required)

View Item View Item