Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

UJI EFEKTIVITAS ASAP CAIR TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT UNTUK MENGENDALIKAN Ganoderma boninense DAN Curvularia sp. SECARA IN VITRO

DASHA LISTISTIO, - (2020) UJI EFEKTIVITAS ASAP CAIR TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT UNTUK MENGENDALIKAN Ganoderma boninense DAN Curvularia sp. SECARA IN VITRO. Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (1MB)

Abstract

Asap cair tandan kosong kelapa sawit (TKKS) mengandung senyawa fenol dan asam organik yang memiliki kemampuan sebagai antimikroba, sehingga TKKS diduga dapat mengendalikan G. boninense dan Curvularia sp. Tujuan penelitian untuk mendapatkan konsentrasi asap cair TKKS terbaik dan membandingkan asap cair TKKS, tempurung kelapa (TK) dan tempurung kelapa komersil (TKK) yang efektif dalam mengendalikan G. boninense dan Curvularia sp. secara in vitro. Penelitian telah dilaksanakan pada bulan Agustus sampai Oktober 2019 di Laboratorium Patologi, Entomologi, Mikrobiologi dan Ilmu Tanah Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau; dan di Laboratorium HPLC Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Riau. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan acak lengkap (6 perlakuan dengan 3 ulangan). Parameter yang diukur adalah morfologi patogen, total fenol asap cair TKKS, uji efektivitas daya hambat, laju pertumbuhan, indeks anti jamur, dan uji komparatif asap cair. Hasil penelitian menunjukan pemberian asap cair mengakibatkan perubahan ukuran diameter koloni patogen, asap cair memiliki total fenol + 9,98%. Konsentrasi asap cair TKKS berpengaruh nyata terhadap efektivitas daya hambat, menekan laju pertumbuhan, indeks anti jamur terhadap G.boninense dan Curvularia sp. Uji komparasi menunjukkan bahwa jenis asap cair tidak berpengaruh tehadap G. boninense, sedangkan terhadap Curvularia sp. berpengaruh nyata. Kesimpulan dari hasil penelitian konsentrasi asap cair TKKS terbaik adalah 5% dan asap cair TK memiliki efektivitas yang lebih tinggi dalam mengendalikan G. boninense, dan Curvularia sp. dengan efektivitas 100%. Kata Kunci: antimikroba, asap cair, Curvularia sp., G. boninense.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 06 Aug 2020 01:52
Last Modified: 06 Aug 2020 01:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29042

Actions (login required)

View Item View Item