Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

USULAN PERBAIKAN RUANG KANTOR BERDASARKAN KEGAGALAN KOGNITIF MENGGUNAKAN METODE COQNITIVE FAILURE QUESTIONNAIRE (CFQ) DAN ASAS PENATAAN RUANG (STUDI KASUS: KANTOR KECAMATAN SIAK HULU)

GERY ZAFEN, - (2020) USULAN PERBAIKAN RUANG KANTOR BERDASARKAN KEGAGALAN KOGNITIF MENGGUNAKAN METODE COQNITIVE FAILURE QUESTIONNAIRE (CFQ) DAN ASAS PENATAAN RUANG (STUDI KASUS: KANTOR KECAMATAN SIAK HULU). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (339kB)
[img] Text
GABUNGAN.pdf

Download (12MB)

Abstract

USULAN PERBAIKAN RUANG KANTOR BERDASARKAN KEGAGALAN KOGNITIF MENGGUNAKAN METODE COQNITIVE FAILURE QUESTIONNAIRE (CFQ) DAN ASAS PENATAAN RUANG (STUDI KASUS: KANTOR KECAMATAN SIAK HULU) 〖"Anwardi" 〗^"1" , 〖"Gery Zafen" 〗^"2" , 〖"Nofirza" 〗^"3" , 〖"Harpito" 〗^"4" 〖^"1,2,3,4" 〗 Jurusan Teknik Industri, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sultan Syarif Kasim Riau Jl. HR. Soebrantas No. 155 Simpang Baru, Panam, Pekanbaru, 28293 Anwardi@uin-suska.ac.id, Geryzafen@gmail.com, Nofirza@uin-suska.ac.id, Harpito@uin-suska.ac.id ABSTRAK kebisingan dan faktor fisik seperti ruang kerja yang sempit, fasilitas pekerjaan yang tidak tersusun pada tempatnya berpotensi menyebabkan pekerja tidak fokus dalam melakukan aktivitas. Begitu juga dengan kantor pemerintahan, seperti kantor Kecamatan Siak Hulu, terdapat ruangan yang sempit dan tidak tertata rapi. Tujuan penelitian ini adalah mengganalisis tingkat kegalalan kognitif dan kriteria ruangan kantor yang kondusif bagi pekerja honorer bagian keuangan berdasarkan metode Cognitif Failure Questionnaire (CFQ). Metode CFQ bertujuan untuk mengukur tingkat kegalalan kognitif pekerja honorer saat bekerja melakukan aktivitas dalam raungannya. Berdasarkan hasil penyebaran kuesioner CFQ menunjukkan bahwa kegagalan kognitif yang dialami oleh pekerja berada pada kategori tinggi, yaitu 52,94%. Usulan perbaikan konsep ruang kerja yang diberikan berbentuk desain 3D dengan pertimbangan berupa luas ruangan yang ideal, ventilasi dan jendela, pencahayaan yang baik, kursi dan meja yang ergonomis, lemari buku serta konsep pemilihan warna ruangan yaitu putih keabu-abuan. Rancangan usulan raungan kantr diharapkan mampu meningkatkan kognitif dan fokus pekerja dalam beraktivitas. Kata kunci: Cognitif Failure Questionnaire, Ergonomi Kognitif, Konsep Ruangan Kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 06 Aug 2020 03:53
Last Modified: 06 Aug 2020 03:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29040

Actions (login required)

View Item View Item