Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Analisis Hukum Islam terhadap kewajiban Suami kepada Isteri dalam Keluarga Jama’ah Tabligh (Studi Kasus Masryakat di Desa Kualu Nenas Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar)

Ilham pajri, - (2020) Analisis Hukum Islam terhadap kewajiban Suami kepada Isteri dalam Keluarga Jama’ah Tabligh (Studi Kasus Masryakat di Desa Kualu Nenas Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
9. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (843kB)
[img] Text
gabungan kecuali bab iv.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Ilhampajri (2020 ): Analisis Hukum Islam terhadap kewajiban Suami kepada Isteri dalam Keluarga Jama’ah Tabligh (Studi Kasus Masryakat di Desa Kualu Nenas Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar) Perkawinan ialah ikatan lahir batin antara seorang pria dan seorang wanita sebagai suami istri dengan tujuan membentuk keluarga (rumah tangga) yang bahagia. Dalam Islam hal itu diikat dengan adanya tali pernikahan atau perkawinan, maka pasangan antara laki-laki dan perempuan bisa menjalani kehidupan keluarga secara halal dan dengan perkawinan seseorang dapat memperoleh keturunan yang sah. Oleh kerena itu seorang suami selaku kepala dalam rumah tangga mempunyai kewajiban yang harus dia berikan terhadap isrei dan keluarganya. Fokus penelitian ini yaitu 1)bagaimana kewajiban suami terhadap isteri dalam keluarga jama’ah tabligh di Desa Kualu Nenas? 2) bagaimana kewajiaban suami terhadap isteri dalam keluarga jma’ah tabligh dalam perspektif hukum islam? Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian lapangan (field Research), dengan penentuan lokasi di Desa Kualu Nenas karena untuk meluruskan persepsi negatif masyarakat hususnya di Kulau Nenas, selain itu mudah ditemui dan mudah berkomunikasi sehingga penelitian berjalan dengan lancar. Sifat penelitiannya adalah deskriptif analitik, data yang diperoleh dalam penelitian ini ada dua, data primeir dan data sekunder, data primer diperoleh dari hasil wawancara langsung, sedangkan data sekunder diperoleh dari mempelajari buku karya jamaah Tabligh, observasi, serta dokumentasi dengan tujuan untuk memperoleh data yang pasti, adapun mengenai metodeanalisa data peneliti menggunakan analisis kualitatif deskriptif yaitu dengan menggunakan buku, hasil wawancara dan pendekatan kasus serta menafsirkan data secara teori. Hasil penelitian menunjukkan,1)kewajiban suami terhadap isteri baik kawajiban lahir maupun batin harus terpenuhi. 2)kewajiban suami terhadap isteri dalam keluarga Jama’ah Tabligh Kualau Nenas dalam perspektif hukum Islam yaitu Secara substansial tidak jauh berbeda. Dalam hal nafkah keluarga, maka suamilah yang berkewajiban untuk memenuhinya meskipun Jamaah Tabligh melakukan khuruj sampai berbulan bulan, mereka tetap bertanggung jawab kepada keluarganya. Selain itu, tentang nafkah biologis yang menurut Ibnu Hazm apabila seorang suami tidak menggauli istrinya selama satu bulan maka dianggap kedurhakaan, akan tetapi para istri dari mereka tidak mempermasalahkan karena sang suami sedang melakukan perintah Allah SWT khuruj fi sabilillah. Dengan demikian para Jamaah Tabligh tetap bertanggung jawab kepada keluarga meskipun mereka melakukan khuruj. Dengan khuruj tersebut mereka berpendapat bahwasanya mampu menyelamatkan keluarganya dari azab Allah sehingga semua anggota keluarga akan terlindungi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 05 Aug 2020 07:31
Last Modified: 05 Aug 2020 07:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29022

Actions (login required)

View Item View Item