Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALYSIS OF ELECTRICAL PERFORMANCE AND THERMAL OF DOUBLE GLASS WINDOW INTEGRATED SOLAR WINDOW SEMITRANSPARENT PHOTOVOLTAIC (STPV) IN RIAU

Debbi Yulianti, - (2020) ANALYSIS OF ELECTRICAL PERFORMANCE AND THERMAL OF DOUBLE GLASS WINDOW INTEGRATED SOLAR WINDOW SEMITRANSPARENT PHOTOVOLTAIC (STPV) IN RIAU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (file lengkap kecuali BAB IV)
file lengkap kecuali BAB Hasil.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Debbi Yulianti(2020): Analisis Performa Listrik dan Termal Jendela Kaca Ganda Low E Terintegrasi Solar Window Semitransparent Photovoltaic (STPV) di Riau Riau memiliki temperatur 22˚C-32˚C menyebabkan ruangan menjadi panas maka kerja AC akan menjadi berat dan boros daya. untuk mengurangi beban konsumsi listrik bangunan maka penelitian menawarkan metode berupa jendela kaca ganda low E terintegrasi solar window STPV. penerapan kaca ganda Low E terintegrasi solar window sangat cocok diterapkan pada bangunan berbentuk vertikal karena relatif tinggi dan lebih banyak menerima sinar matahri. tujuan penelitian ini adalah menganalisa performa listrik yang dihasilkan oleh Solar window STPV yang meliputi efisiensi sel PV dan Energi listrik dan performa termal jendela kaca ganda low E meliputi Nilai U dan nilai pengurangan panas . Metode yang digunakan pada penelitian adalah sistem jendela kaca ganda Low E terintegrasi solar window STPV dengan penerapan sistem jendela kaca ganda low E terintegrasi solar window STPV selain menghasilkan listrik juga mampu mengurangi panas dalam ruangan. Dari penerapan sistem solar window STPV performa termal yang diperoleh berupa nilai U dari berbagai orientasi dimana orientasi barat dan selatan menghasilkan nilai sebesar 0,401 W/m2.K dengan pengurangan panas 0,02186 W, orientasi timur nilai U sebesar 0,400 W/m2.K dengan pengurangan panas 0,02181 W, orientasi utara nilai U sebesar 0,399 W/m2.K dengan pengurangan panas sebesar 0,02175 W. Performa listrik yang dihasilkan oleh sistem Solar window STPV untuk orientasi barat dan selatan dalam satu tahun sebesar 88,294 MWh dengan efisiensi sel PV 0,077966, orientasi timur sebesar 88,760 MWh dengan efisiensi sel PV 0,077974 dan orientasi utara sebesar 86,018 MWh dengan efisiensi sel PV 0,077977. penggunaan jendela kaca ganda low E terintegrasi solar window STPV terbukti lebih efektif mengurangi panas pada bangunan dan mampu menghasilkan listrik yang dapat digunakan untuk kebutuhan energi didalam bangunan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Elektro
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 06 Aug 2020 03:08
Last Modified: 06 Aug 2020 03:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29014

Actions (login required)

View Item View Item