MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ACCELERATED LEARNING TIPE MESSAGE (MINDSET, ENTRANCE, SWITCH-OWNERSHIP, STORE, ACT, GO-AGAIN, ENGAGE) PADA MURID KELAS V MIN 1 PEKANBARU

Idral Faizal, (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ACCELERATED LEARNING TIPE MESSAGE (MINDSET, ENTRANCE, SWITCH-OWNERSHIP, STORE, ACT, GO-AGAIN, ENGAGE) PADA MURID KELAS V MIN 1 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013136PGMI-.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Murid kelas V MIN 1 Pekanbaru khususnya pada pelajaran matematika, dan penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika Kelas V murid MIN 1 Pekanbaru melalui penerapan model pembelajaran Accelerated Learning Tipe MESSAGE, adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah penerapan model pembelajaran Accelerated Learning Tipe MESSAGE (Mindset, Entrance, Switch-Ownership, Store, Act, Go-Again, Engage) dapat meningkatkan hasil belajar murid pada pelajaran matematika di kelas V MIN 1 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan Subjek dalam penelitian ini adalah murid kelas V MIN 1 Pekanbaru yang berjumlah 39 orang murid terdiri dari 13 orang murid perempuan dan 26 orang murid laki-laki. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah Penerapan Model Pembelajaran Accelerated Learning Tipe MESSAGE (Mindset, Entrance, Switch- Ownership, Store, Act, Go-Again, Engage) untuk meningkatkan hasil belajar Matematika pada murid kelas V MIN 1 Pekanbaru. Setelah data diperoleh dan dianalisis maka dapat diketahui hasil belajar matematika murid dengan pokok bahasan volume dan kubus pada murid kelas V MIN 1 Pekanbaru, sebelum dan sesudah tindakan adalah sebagai berikut: (1) Nilai ulangan sebelum tindakan dengan rata-rata56,41 dan ketuntasan klasikal 38%. (2) Nilai ulangan siklus I sesudah tindakan dengan rata-rata 73,33 dan ketuntasan klasikal 74%. (3) Nilai ulangan siklus II sesudah tindakan dengan rata-rata 82,56 dan ketuntasan klasikal 92%. Dengan demikian, dari hasil tindakan di atas dapat diketahui bahwa hasil belajar matematika murid kelas V MIN 1 Pekanbaru setelah diterapkan model pembelajaran Accelerated Learning Tipe MESSAGE meningkat pada setiap siklus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ari Eka Wahyudi
Date Deposited: 21 Dec 2015 04:42
Last Modified: 21 Dec 2015 04:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29

Actions (login required)

View Item View Item