Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Konflik Kepentingan, dan Tingkat Kesulitan Keuangan Terhadap Konservatisme Akuntansi pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII)

NONI ANDINI, - (2020) Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Konflik Kepentingan, dan Tingkat Kesulitan Keuangan Terhadap Konservatisme Akuntansi pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII). Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (970kB)
[img] Text
GABUNGAN BARU.pdf

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : NONI ANDINI Nim : 21693204639 Judul : Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Konflik Kepentingan, dan Tingkat Kesulitan Keuangan Terhadap Konservatisme Akuntansi pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) Konservatisme akuntansi merupakan salah satu prinsip kehati-hatian pada pemilihan metode akuntansi dalam penyajian laporan keuangan, prinsip ini dapat diinterpretasikan sebagai suatu prinsip kehati-hatian (prudence) manajemen perusahaan dimana pengakuan kerugian lebih dahulu diakui daripada pengakuan laba dimasa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh kepemilikan manajerial, konflik kepentingan, dan tingkat kesulitan keuangan terhadap konservatisme akuntansi. Dalam penelitian ini, kepemilikan manajerial diukur dengan membagi jumlah saham manajerial dengan jumlah saham yang beredar, konflik kepentingan diukur dengan menggunakan level of dividend (DIV ASS), dan tingkat kesulitan keuangan (financial distress) diukur dengan menggunakan model altman serta konservatisme akuntansi yang diukur dengan menggunakan Net Operating Accrual. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan data sekunder berdasarkan pada data panel. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) berjumlah 30 perusahaan. Teknik pemilihan sampel dengan purposive sampling. Sampel yang sesuai kriteria sebanyak 20 perusahaan dengan periode tahun 2015-2018. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode regresi data panel, uji asumsi klasik, koefisien determinasi, uji t dan uji F. Data diolah dengan menggunakan program eviews versi 9.0 dengan tingkat signifikansi 5%. Berdasarkan hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa kepemilikan manajerial berpengaruh positif dan signifikan terhadap konservatisme akuntansi, konflik kepentingan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap konservatisme akuntansi, dan tingkat kesulitan keuangan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap konservatisme akuntansi. Variasi dari variabel bebas kepemilikan manajerial, konflik kepentingan, dan tingkat kesulitan keuangan mampu menjelaskan variabel konservatisme sebesar 98,06% sedangkan sisanya 1,94% dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak menjadi fokus penelitian. Kata kunci: Kepemilikan manajerial, konflik kepentingan, tingkat kesulitan keuangan, konservatisme akuntansi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Ekonomi Syariah
Depositing User: pps -
Date Deposited: 05 Aug 2020 03:25
Last Modified: 05 Aug 2020 03:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28993

Actions (login required)

View Item View Item