Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN PARTISIPASI BELAJAR DENGAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 BANGKINANG KOTA

Fadilah Rahmah, - (2020) HUBUNGAN PARTISIPASI BELAJAR DENGAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 BANGKINANG KOTA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Fadilah Rahmah, (2020): Hubungan Partisipasi Belajar dengan Karakter Tanggung Jawab Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bangkinang Kota Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan partisipasi belajar dengan karakter Tanggung Jawab siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bangkinang Kota. Penelitian ini dilatarbelakangi dari kurangnya tanggapan siswa terhadap penjelasan maupun pertanyaan yang disampaikan oleh guru dan siswa kurang berinisiatif untuk bertanya ketika mengalami kesulitan dalam memahami pembelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bangkinang Kota. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bangkinang Kota yang berjumlah 133 orang agar peneliti lebih mudah dalam meneliti siswa yang berjumlah 133 orang yang terbagi dalam empat kelas yaitu X Ilmu Pengetahuan Sosial 1,2,3, dan 4. Sampel yang peneliti gunakan adalah teknik random sampling dimana sampel yang peneliti ambil dalam setiap kelas ada 25 orang. Untuk mengumpulkan data penulis menggunakan angket (kuosioner) dan dokumentasi. Setelah data terkumpul lalu dianalisa dengan teknik analisis uji t. Berdasarkan analisis uji thitung = 8,612 bila dibandingkan ttabel pada taraf signifikan 5% (8,612 > 1,984) dan 1 % (8,612 > 2,365), ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa ada hubungan yang signifikan antara partisipasi belajar dengan karakter tanggung jawab siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bangkinang Kota. Kata Kunci: Partisipasi Belajar , Karakter Tanggung Jawab Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 05 Aug 2020 03:14
Last Modified: 05 Aug 2020 03:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28990

Actions (login required)

View Item View Item