Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Implementasi Supervisi Manajerial dalam Peningkatan Kinerja Tenaga Administrasi (Studi Kasus Di SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru)

Fitri Mardiyanti, - (2020) Implementasi Supervisi Manajerial dalam Peningkatan Kinerja Tenaga Administrasi (Studi Kasus Di SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
FITRI MARDIYANTI.pdf

Download (5MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Fitri Mardiyanti, (2020): Implementasi Supervisi Manajerial dalam Peningkatan Kinerja Tenaga Administrasi (Studi Kasus Di SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru) Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui peran pengawas sekolah dalam melaksanakan supervisi manajerial, dan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya kinerja tenaga administrasi sekolah di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif, subyek dari penelitian ini adalah pengawas sekolah, kepala sekolah, kepala tenaga administrasi sekolah sedangkan objeknya adalah Implementasi supervisi manajerial dalam peningkatan kinerja tenaga administrasi. Data penelitian penulis kumpulkan melalui observasi dan wawancara. Dalam analisis data penulis melakukan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini informan berjumlah 3 orang yang terdiri dari informan utama pengawas sekolah serta informan tambahan kepala sekolah dan tenaga administrasi sekolah.Setelah data dianalisa Peran pengawas sekolah dalam melaksanakan supervisi manajerial sudah cukup baik namun pelaksanaannya masih belum maksimal dalam memberikan pembinaan secara langsung kepada tenaga administrasi. Kurangnya pembinaan secara langsung oleh pengawas sekolah serta kurang nya kerja sama antara pengawas sekolah dengan kepala sekolah dan kurang professional kinerja staf administrasi adalah penyebab rendahnya kinerja tenaga administrasi. Hal ini dibuktikan dari penuturan informan pada saat wawancara dan pada saat penulis melakukan observasi baik itu pada saat penelitian dan pada saat penulis melakukan PPL (Program Pengalaman Lapangan) di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Kata Kunci: implementasi, supervisi manajerial, kinerja tenaga Administrasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 06 Aug 2020 03:44
Last Modified: 06 Aug 2020 03:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28978

Actions (login required)

View Item View Item