Abdullah azzam a. Haris, - (2020) STRATEGI PENETAPAN HARGA DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA MINIMARKET MUSLIM MADANI MART TAMAN KARYA PEKANBARU MENURUT EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (6MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (630kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi ini berjudul: “Strategi Penetapan Harga Dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada Minimarket Muslim Madani Mart Taman Karya Pekanbaru Menurut Ekonomi Syariah”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terkait dengan melihat adanya perbedaan harga yang terjadi antara minimarket Muslim Madani Mart dengan Minimarket 212 Mart, dan Minimarket Kita Mart. Padahal pesaing utama dari minimarket Muslim Madani Mart dalam pangsa pasar syariah adalah minimarket 212 Mart, dan minimarket Kita Mart. Perbedaan harga yang terjadi relatif tinggi, sama bahkan lebih rendah dari Minimarket syariah lainnya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang berlokasi di minimarket Muslim Madani Mart Jl. HR Soebrantas, Taman Karya No. 16-17, Kelurahan Tuah Karya, Kecamatan Tampan, Pekanbaru, Riau. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi penetapan harga dalam meningkatkan volume penjualan pada minimarket Muslim Madani Mart Taman Karya Pekanbaru, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi penetapan harga dalam meningkatkan volume penjualan pada minimarket Muslim Madani Mart Taman Karya Pekanbaru, dan untuk mengetahui tinjauan ekonomi syariah terhadap strategi penetapan harga dalam meningkatkan volume penjualan pada minimarket Muslim Madani Mart Taman Karya Pekanbaru menurut ekonomi syariah. Adapun metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, angket dan studi pustaka. Data dari penelitian ini adalah data primer dan data sekunder yang kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini sepuluh orang yang mana terdiri dari direktur utama, manajer toko, dan karyawan/i yang ada di minimarket Mandani Islami Taman Karya kota Pekanbaru. Sedangkan teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Setelah penelitian ini dilakukan dapat diketahui bahwa dalam menetapkan harga Minimarket Muslim Madani Mart melihat kondisi keadaan pelanggan, keadaan ekonomi masyarakat dan melihat keadaan daya beli masyarakat, serta kondisi harga geografis sehingga menimbulkan perbedaan harga yang tidak terlalu jauh dengan Minimarket syariah lainnya. Hal ini dikarenakan pihak Minimarket Muslim Madani Mart sudah menggunakan metode competitive pricing yaitu suatu metode yang digunakan untuk mengetahui harga pesaing, harga di bawah, sama atau di atas harga pesaing. Dan dalam menghadapi persaingan pasar syariah Minimarket Muslim Madani Mart menggunakan blue ocean strategy yaitu strategi yang menyebabkan persaingan nyaris tidak ada, karena di awali dengan berani tampil beda, seperti menyediakan barang yang tidak dijual pesaingnya untuk membuat konsumen tertarik dengan produk-produk yang disediakan secara tidak langsung akan menyebabkan permintaan menjadi lebih tinggi. Adapun faktor pendukung dan penghambat strategi penetapan harga dalam meningkatkan volume penjualan pada minimarket Muslim Madani Mart Taman Karya Pekanbaru adalah sebagai berikut: pertama, faktor pendukungnya adalah barang yang dijuala adalah kebutuhan seharti-hari masyarakat, pemilihan segmentasi pasar yang masih baru dan pesaing yang masih sedikit, adanya kerjasama dengan pengusaha UMKM dalam pengelolaan SDM, harga pesaing yang tinggi, biaya penyediaan barang yang bisa di akali dengan adanya diskon dari pemasok. Kedua, faktor penghambatnya adalah harga pesaing yang rendah, biaya penyediaan barang yang kurang memadai. Adapun tinjauan Ekonomi Syariah terhadap strategi penetapan harga Minimarket Muslim Madani Mart Taman Karya Kota Pekanbaru telah sesuai dengan prinsip Ekonomi Syariah, karena pihak Minimarket Muslim Madani Mart sangat mengutamakan kemaslahatan ummat, dengan cara membantu para pengusaha UMKM dalam menjual produk-produknya di Minimarket Muslim Madani Mart Taman Karya, kemudian menetapkan harga dengan melihat kondisi keadaan pelanggan, keadaan ekonomi masyarakat dan keadaan daya beli masyarakat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | fasih - |
Date Deposited: | 05 Aug 2020 02:13 |
Last Modified: | 05 Aug 2020 02:13 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28943 |
Actions (login required)
View Item |