Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

NG ULANG MESIN 3 IN 1 (JAGUNG, KOPI DAN KELAPA) MENGGUNAKAN THEORY OF INVENTIVE PROBLEM SOLVING (TRIZ) DAN RAPID UPPER LIMB ASSESMENT (RULA)

SASTRO, - (2020) NG ULANG MESIN 3 IN 1 (JAGUNG, KOPI DAN KELAPA) MENGGUNAKAN THEORY OF INVENTIVE PROBLEM SOLVING (TRIZ) DAN RAPID UPPER LIMB ASSESMENT (RULA). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (cover sampai lampiran)
1.COVER (1)_merged.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB V FIX.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)

Abstract

ABSTRAK Persaingan bisnis menuntut perusahaan agar mampu menerapkan rencana strategis untuk memenuhi kebutuhan konsumen dalam pengembangan produk dengan peningkatan kualitas dan pengurangan biaya serta waktu produksi. Pengolahan jagung, kelapa dan kopi diperlukan alat yang dapat memproses ketiga komponen tersebut secara bersamaan agar dapat menghemat biaya dan waktu dalam melakukan proses produksi. Selain menghemat biaya dan waktu, perancangan mesin 3 in 1 ini juga dapat mempermudah proses pengolahan jagung, kelapa dan kopi karena dapat dikerjakan secara bersamaan sehingga para pemilik usaha dapat terbantu dengan adanya mesin ini. Pengolahan data dengan metode Theory of Invenitive Problem Solving (TRIZ) menggunakan beberapa inventive principle yaitu Anti-weight, Blessing in disguise dan Cheap short-living objects sebagai referensi untuk menghasilkan solusi dari kontradiksi dalam perancangan mesin 3 in 1 (pemecah kopi, penggiling jagung dan parut kelapa). Pada pengolahan metode Rapid Upper Limb Assessment (RULA) sebelum melakukan perancangan mesin 3 in 1 (pemecah kopi, penggiling jagung dan parut kelapa), pekerja yang melakukan pekerjaan secara manual memiliki 2 kategori yaitu action level 2 dan action level 3 yang artinya pada kegiatan yang dilakukan terus menerus sehingga dapat mencederai pekerja harus dilakukan perubahan. Kata Kunci: Theory of Invenitive Problem Solving (TRIZ)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 03 Aug 2020 02:19
Last Modified: 03 Aug 2020 02:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28920

Actions (login required)

View Item View Item