Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

REDESIGN MESIN AMPIA UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIFITAS DAN EFISIENSI KERJA MENGGUNAKAN METODE VEREIN DEUTSCHER INGENIEURE (VDI) 2222 (STUDI KASUS : IKM NAFEESA SNACK)

Muhammad Hasbi Meidi, - (2020) REDESIGN MESIN AMPIA UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIFITAS DAN EFISIENSI KERJA MENGGUNAKAN METODE VEREIN DEUTSCHER INGENIEURE (VDI) 2222 (STUDI KASUS : IKM NAFEESA SNACK). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
laporan full kecuali BAB IV dan V.pdf

Download (14MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV dan V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

IKM Nafeesa Snack adalah salah satu unit usaha Industri Kecil Menengah (IKM). Dalam pelaksanaan bisnis, sistem yang dijalankan IKM Nafeesa Snack adalah make to stock, dimana IKM Nafeesa Snack selalu menyediakan produk dan melakukan produksi melalui pemasaran penitipan pada gerai oleh – oleh yang ada di Pekanbaru. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh M. Erwin Setia Putra dan Melfa Yola, tahun 2019 yaitu Perancangan Ampia Multifungsi namun masih terdapat kendala seperti, Kecepatan putaran roll pemipih masih terlalu lambat, Roll pemipih adonan tidak ada penyangga pada bagian bawah yang menyebabkan adonan lengket dan ikut berputar pada roll, landasan tempat jatuh adonan terlalu sempit, sehingga menyulitkan pekerja mengambil adonan, alat pemotong yang ada pada mesin tidak berfungsi dengan baik dan pada alat pemotong adonan manual mata pisau yang sering tumpul dan gagang pemotong yang mudah patah dikarenakan terbuat dari bahan plastik. Berdasarkan permasalahan diatas perlu dilakukan redesign mesin ampia dan penyempurnaan alat pemotong adonan manual dengan menggunakan metode Verein Deutscher Ingenieure (VDI) 2222 untuk meningkatkan efektif dan efisien kerja. Metode ini merupakan metode perancangan sistematik terhadap design untuk merumuskan dan mengarahkan penjabaran sebuah ide yang dimiliki untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Hasil dari penelitian ini berupa mesin ampia yang telah dirancang ulang dan penyempurnaan alat pemotong adonan manual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 03 Aug 2020 02:28
Last Modified: 03 Aug 2020 02:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28876

Actions (login required)

View Item View Item