MARKET BASKET ANALYSIS PADA MINIMARKET TOCO MART MENGGUNAKAN ALGORITMA FP-GROWTH

Mimi Kazmaini, - (2020) MARKET BASKET ANALYSIS PADA MINIMARKET TOCO MART MENGGUNAKAN ALGORITMA FP-GROWTH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN KECUALI BAB 4.pdf

Download (17MB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

MARKET BASKET ANALYSIS PADA MINIMARKET TOCO MART MENGGUNAKAN ALGORITMA FP-GROWTH MIMI KAZMAINI NIM: 11553202066 Tanggal Sidang: 17 April 2020 Periode Wisuda: Program Studi Sistem Informasi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Jl. Soebrantas, No. 155, Pekanbaru ABSTRAK Data mining merupakan salah satu teknik dalam pengelolaan data yang besar. Dengan menggunakan metode-metode data mining akan menghasilkan suatu informasi yang berguna bagi suatu perusahaan, instansi, maupun organisasi. FP-Growth adalah salah satu alternatif algoritma yang dapat digunakan untuk menentukan himpunanan data yang paling sering muncul frequent itemset dalam sekumpulan data. Dalam sehari transaksi yang dihasilkan oleh Minimarket Toco Mart kurang lebih 200 transaksi dan dalam 1 bulan bisa mengasilkan hingga 8.000 lebih transaksi pada bulan biasanya. Permasalahan yang ada di Toco Mart adalah tingginya pembelian rokok pada bulan biasa dan pemasukan mengalami penurunan pada bulan Ramadhan. Salah satu metode untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah metode Market Basket Analysis. Dari pola yang dihasilkan dilihat kembali frequent itemset apa saja yang pling tinggi kemunculannya sehingga bisa dijadikan strategi dan pengambilan keputusan untuk meningkatkan penjualan pada bulan Ramadhan selain produk rokok. Hasil frequent itemset yang paling tinggi pada bulan Ramadhan adalah jika membeli kategori L1 makan akan membeli barang kategori J1 dilihat dari support 0,225 dan confidence 0,789 dimana jika membeli barang kategori MAKANAN maka akan membeli barang kategori MINUMAN. Associationrules yang dihasilkan dapat diajdikan acuan untuk strategi penjulan Minimarket Toco Mart khususnya bulan Ramadhan. Kata Kunci: Association Rules, Data mining, FP-Growth, Market Basket Analysis, Minimarket Toco Mart

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 03 Aug 2020 01:47
Last Modified: 03 Aug 2020 01:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28849

Actions (login required)

View Item View Item