MEKANISME PELAKSANAAN PEMBIAYAAN MULTIMANFAAT DENGAN AKAD MURABAHAH PADA PT. BANK TABUNGAN NEGARA KANTOR CABANG SYARIAH PEKANBARU

ZARAH HAFSIAH, - (2020) MEKANISME PELAKSANAAN PEMBIAYAAN MULTIMANFAAT DENGAN AKAD MURABAHAH PADA PT. BANK TABUNGAN NEGARA KANTOR CABANG SYARIAH PEKANBARU. Laporan thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (413kB)
[img] Text
GABUNGAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Zarah Hafsiah ( 2020) : Mekanisme Pelaksanaan Pembiayaan Multimanfaat dengan Akad Murabahah pada PT Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Syariah Pekanbaru. Salah satu lembaga yang menyediakan produk-produk pembiayaan yang menggunakan akad murabahah adalah BTN Syariah. BTN Syariah adalah salah satu lembaga keuangan yang mendistribusikan pembiayaan. Dan produk yang ditawarkan yaitu produk Pembiayaan Multimanfaat BTN iB. Pembiayaan Multimanfaat adalah pembiayaan komsumtif dengan akad murabahah, yang diperuntukkan untuk pembelian barang furniture atau peralatan rumah tangga yang sesuai dengan prinsip syariah. Penelitian ini dilakukan di PT.Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Syariah Pekanbaru Jl. Arifin Ahmad Blok A N0.10-11 Kel. Sidomulyo Timur Kec. Marpoyan Damai. Dengan populasi 4 orang karyawan Financing Service dan sampel menggunakan total sampling yaitu 4 orang karyawan financing service. Sumber data penelitian ini terdiri dari data primer dan sekunder, Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan analisis dokumen, dengan analisis data penelitian yaitu deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembiayaan multimanfaat memiliki margin 7.04% untuk nasabah yang jangka waktu angsurannya selama 1 tahun dan margin 9.36% untuk nasabah yang jangka waktu angsurannya selama 10 tahun. Mekanisme Pembiayaan Multimaafaat yaitu pertama mengisi formulir pembiayaan, kedua melengkapi dokumen persyaratan, ketiga checking kelengkapan dokumen, keempat financing service melakukan verifikasi kelengkapan dokumen, ke lima melakukan analisa data dengan 5 C, ke enam keputusan financing servise berdasarkan analisa 5 C, ke tujuh akad dan terakhir pencairan dana, delapan pemberian P3. Keunggulan dari pembiayaan multimanfaat dengan akad murabahah ini adalah dapat membeli kebutuhan barang elektronik atau furniture dengan cepat untuk pembiayaan konsumtif dan proses pembiayaan relatif lebih mudah dan lebih cepat, bagi pegawai pensiunan juga dapat membayar ansurannya melalui jasa payroll. Sedangkan kelemahan ialah nasabah yang mengajukan pembiayaan harus memiliki asset fixet, nasabah pegawai atau pensiunan harus membayar gaji dengan jasa payroll, nasabah yang terlambat membayar angsuran akan dikenakan denda penyitaan produk pembiayaan. Kata kunci : Mekanisme, Multimanfaat, Murabahah.

Item Type: Thesis (Laporan)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi > 332.1 Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbankan Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 30 Jul 2020 02:59
Last Modified: 30 Jul 2020 03:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28841

Actions (login required)

View Item View Item