IMPLEMENTASI MARKETING MIX PADA PRODUK KREDIT PEMILIKAN RUMAH (KPR) DI PT. BANK TABUNGAN NEGARA KANTOR CABANG SYARIAH PEKANBARU

UGA NURLINDA, - (2020) IMPLEMENTASI MARKETING MIX PADA PRODUK KREDIT PEMILIKAN RUMAH (KPR) DI PT. BANK TABUNGAN NEGARA KANTOR CABANG SYARIAH PEKANBARU. Laporan thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (455kB)
[img] Text
GABUNGAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Uga Nurlinda (2020) IMPLEMENTASI MARKETING MIX PADA PRODUK KREDIT PEMILIKAN RUMAH (KPR) DI PT. BANK TABUNGAN NEGARA KANTOR CABANG SYARIAH PEKANBARU Tingkat persaingan dalam dunia perbankan syariah menuntut setiap pemasar untuk mampu melaksanakan kegiatan pemasarannya dengan lebih efektif dan efisien. Diperlukan stategi pemasaran yang baik agar dapat memenangkan persaingan. Strategi yang ditetapkan harus sesuai pula dengan perkembangan pasar pada saat ini. Salah satu strategi pemasaran yang dapat digunakan oleh bank syariah adalah marketing mix. Kegiatan ini dilakukan secara bersamaan diantara elemen-elemen yang ada dalam marketing mix itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui imlementasi marketing mix dan kendala yang dihadapi dalam melakukan implementasi marketing mix pada produk Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) di PT. Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Syariah Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan di PT.Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Syariah Pekanbaru. Dengan jumlah informan 5 orang diantaranya Staf Financing Service, Financing Sales dan Mortage & Consumer Financing Unit (MCFU). Analisis data dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Sumber data terdiri data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi,wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi marketing mix pada produk kredit kepemilikan rumah (KPR) di PT. Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Syariah Pekanbaru berupa 4P yakni product, price, place, dan promotion. Produk KPR yang ada di BTN Syariah terdiri dari KPR BTN Sejahtera iB, KPR BTN Platinum iB, dan KPR BTN Indent iB. Penentuan harga yang diberikan kepada nasabah sudah tepat. Lokasi kantor terletak di kawasan yang strategis dan mudah untuk diakses. Promosi dilakukan menggunakan metode personal selling, sales promotion, dan advertising. Dalam implementasi marketing mix pada produk kredit kepemilikan rumah (KPR) di PT. Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Syariah Pekanbaru terdapat beberapa kendala yaitu dalam hal persaingan, margin pembiayaan yang kompetitif, kurangnya lahan parkir serta kurangnya sosialisasi ke masyarakat. Kata Kunci : Implementasi, Pemasaran, Marketing Mix.

Item Type: Thesis (Laporan)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi > 332.1 Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbankan Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 30 Jul 2020 03:22
Last Modified: 30 Jul 2020 03:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28840

Actions (login required)

View Item View Item