Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGETAHUAN GURU PEMBIMBING TENTANG LIRAUSA DALAM LAYANAN PENGUASAAN KONTEN PADA SLTP / MTs SE-KECAMATAN KAMPAR KIRI KABUPATEN KAMPAR

NUR’AINI (2013) PENGETAHUAN GURU PEMBIMBING TENTANG LIRAUSA DALAM LAYANAN PENGUASAAN KONTEN PADA SLTP / MTs SE-KECAMATAN KAMPAR KIRI KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013164PMI.pdf

Download (428kB) | Preview

Abstract

Dalam layanan penguasaan konten dalam BK yang akan memungkinkan peserta didik untuk mengembangkan diri berkenaan dengan sikap dan kebiasaan belajar yang baik. Maksud dan tujuan inihanya akan dapat tercapai dengan cara memberikan berbagaimateri layanan sessuai dengan bigdang bimbingan kepada klien (anak didik). Namun kenyataan di lapangan mengindikasikan bahwa guru pembimbing (BK) di sekolah masih memiliki pengetahuan yang belum sesuai dengan yang diharapkan dalam mengemban tugasnya sebagai guru pembimbing, terutama tentang layanan konten. Hal ini dapat ditunjukkan oleh berbagai gejala yang muncul kepermukaan tentang hal tersebut, seperti adanya guru pembimbing yang masih kurrang dalam upaya mengembangkan keterampilan belajar siswa yang mengalami kesulitan belajar. Tujuan penellitian ini adalah: Untuk mengetahui pengetahuan guru pembimbing tentang Lirausa dalam Layanan Penguasaan Konten pada SLTP/MTs se-Kecamatan Kampar Kiri dalam hal: a. wawasan dasar menyeluruh bimbingan konseling; b.komponen yang terlibat dalam layanan konseling perorangan; c.lapangan kejadian layanan konseling perorangan; d. SPO (standar prosedur operasional); e. penilaian dan laporan;. Metode penelitian yang digunakan dalam kajian ini adalah metode deskriptif kuantitatif populasi penelitian adalah seluruh Guru Pembimbing SLTP/MTs seKecamatan Kampar Kiri yang berjumlah keseluruhan sebanyak 10 orang guru pembimbing. Data dalam penelitian ini adalah data tentang pengetahuan guru pembimbing tentang lirausa dalam layanan penguasaan konten pada SLTP/MTs se-Kecamatan Kampar Kiri. Untuk menjaring data tentang pengetahuan guru pembimbing SLTP se-Kecamatan Kampar Kiri digunakan alat instrument yang berupa tes dan pedoman wawancara. Temuan penelitian ini antara lain: 1.Gambaran tingkat pengetahuan guru pembimbing tentang wadasaruh BK dalam layanan penguasaan konten yang dominan sebagian besar termasuk kategori sedang yaitu sebanyak 7 orang guru pembimbing (70 %), kemudian termasuk kategori rendah yaitu sebanyak 3 orang guru pembimbing (30 %) dan tidak terdapat guru pembimbing yang termasuk kategori tinggi (0 %). Secara umum tingkat pengetahuan guru pembimbing tentang lirausa dalam layanan penguasaan konten berdasarkan urutan persentase terbesar sampai dengan persentase terkecil adalah: dominan pada kategori cukup sebesar 32 %, kemudian disusul kategori sangat tinggi dan tinggi sebesar 26 %, kategori rendah sebesar 14 % dan kategori sangat rendah sebesar 2 %. 2) Peringkat aspekaspek pengetahuan guru pembimbing tentang lirausa dalam layanan penguasaan konten adalah sebagai berikut: Pertama, aspek Pengetahuan guru pembimbing tentang wadasaruh dengan mean = 3,2 dan aspek Pengetahuan guru pembimbing tentang standar prosedur operasional dalam konseling dengan mean = 3.2. Kedua, aspek Pengetahuan guru pembimbing tentang komponen yang terlibat dalam konseling dengan mean = 3,1. Ketiga, aspek Pengetahuan guru pembimbing tentang penilaian terhadap, hasil layanan dengan mean = 2,3. Keempat, aspek pengetahuan guru pembimbing tentang lapangan kejadian konseling dengan mean = 0,8. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pegethauan guru pembimbing tentang lirausa dalam layanan pemguasaan konten di SLTP?MTs Se Kecamatan Kampar Kiri termasuk dalam kategori cukup baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 27 Apr 2016 09:39
Last Modified: 09 Sep 2016 04:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2884

Actions (login required)

View Item View Item