Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

engaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Usaha Bengkel Sepeda Motor Perspektif Ekonomi Islam Studi Kasus : Bengkel Budi Motor dan Kampar Motor Bangkinang

Surya Amer Gumelar, - (2020) engaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Usaha Bengkel Sepeda Motor Perspektif Ekonomi Islam Studi Kasus : Bengkel Budi Motor dan Kampar Motor Bangkinang. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (748kB)

Abstract

ABSTRAK Surya Amer Gumelar (2020): Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Usaha Bengkel Sepeda Motor Perspektif Ekonomi Islam Studi Kasus : Bengkel Budi Motor dan Kampar Motor Bangkinang Latar belakang penulis melakukan penelitian ini karena banyaknya pelaku usaha jasa bengkel sepeda motor yang kurang memperhatikan hal-hal kecil namun akan berdampak besar terhadap kepuasan pelanggan yang melakukan perbaikan sepeda motor seperti estimasi pengerjaan, informasi yang kurang jelas tentang kerusakan sepeda motor yang di alami, dan lain sebagainya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen, kemudian mengetahui tinjauan ekonomi Islam terhadap pengaruh kualitas produk, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Lokasi penelitian ini ialah di bengkel Budi Motor Jalan KH. Agussalim Bangkinang dan Kampar Motor Jalan. Datuk Tabano Bangkinang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis instrumen angket (validitas dan reliabilitas), uji normalitas, uji multikolinearitas, analisis regresi berganda, uji hipotesis yang meliputi uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi. Subjek dalam penelitian ini ialah konsumen yang menggunakan jasa Budi Motor dan Kampar Motor. Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Selanjutnya populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang menggunakan jasa Budi Motor dan Kampar Motor di tahun 2018 yang berjumlah 861 orang. Jadi populasi pada penelitian ini adalah 861, sedangkan yang menjadi sampel adalah 86 orang konsumen yang menggunakan jasa bengkel Budi Motor dan Kampar Motor di tahun 2018. Adapun hasil penelitian adalah sebagai berikut: Pertama, Setelah dianalisis dengan bantuan SPSS Versi 21.00 hasil uji parsial untuk variabel X1 (kualitas produk) signifikansi 0,000. Nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 ( 0,000 < 0,05 ). Dengan demikian kualitas produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen usaha bengkel sepeda motor di Budi Motor dan Kampar Motor. Kedua, Setelah dianalisis dengan bantuan SPSS Versi 21.00 hasil uji parsial untuk variabel X2 (kualitas pelayanan) signifikansi 0,002. Nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 ( 0,002 < 0,05 ). dengan demikian berarti dapat disimpulkan bahwasanya variabel kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen usaha bengkel sepeda motor di Budi Motor dan Kampar Motor. Kata Kunci : Pengaruh, Kualitas, Pelayanan, Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 30 Jul 2020 01:56
Last Modified: 30 Jul 2020 01:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28823

Actions (login required)

View Item View Item