Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI BAZNAS DALAM MENGUMPULKAN ZAKAT PERDAGANGAN DI KABUPATEN ROKAN HULU PASIR PENGARAIAN

Syarif Muda Hasibuan, - (2020) STRATEGI BAZNAS DALAM MENGUMPULKAN ZAKAT PERDAGANGAN DI KABUPATEN ROKAN HULU PASIR PENGARAIAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (888kB)
[img] Text
SKRIPSI GABUNG.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Syarif Muda Hasibuan Jurusan : Manajemen Dakwah Judul : Strategi Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dalam Mengumpulkan Zakat Perdagangan di Kabupaten Rokan Hulu Penelitian ini dilatar belakangi oleh persoalan dalam mengumpulkan zakat perdagangan yang diperoleh dari masyarakat yang ada di Kabupaten Rokan Hulu. Salah satu solusi dalam upaya peningkatan pengumpulan tersebut adalah melalui zakat. Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Rokan Hulu merupakan lembaga amil zakat yang bertugas dan bertanggungjawab dalam pengelolaan dana zakat baik pengumpulan hingga pendistribusian. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana strategi pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Rokan Hulu dalam mengumpulkan zakat perdagangan. Sehingga dari strategi tersebut diharapkan dapat meningkatkan dalam penerimaan dana zakat yang diperoleh melalui muzakki. Adapun tujuan di adakan penelitian ini yaitu untuk mengetahui lebih lanjut strategi Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dalam mengumpulkan zakat perdagangan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif, informan dalam penelitian ini berjumlah 5 orang yang terdiri dari 3 pegawai Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dan 2 orang muzakki. data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian data diatas, dapat disimpulkan bahwa strategi Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Rokan Hulu dalam mengumpulkan zakat perdagangan dengan konsep utamanya yaitu: Pertama, menentukan segmen dan target muzakki. Kedua, menentukan sumber daya manusia (SDM) dan sistem operasi pengurus. Ketiga, membangun sistem komunikasi. Keempat, memfasilitasi pelayanan zakat. Kata Kunci: Strategi, Pengumpulan, dan Zakat Perdagangan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 29 Jul 2020 01:57
Last Modified: 29 Jul 2020 01:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28784

Actions (login required)

View Item View Item