Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGGUNAAN METODE NAIVE BAYES CLASSIFIER UNTUK MENENTUKAN KATEGORI MUSTAHIK(Studi Kasus: Badan Amil Zakat Nasional Kota Pekanbaru)

Nurkholis, - (2020) PENGGUNAAN METODE NAIVE BAYES CLASSIFIER UNTUK MENENTUKAN KATEGORI MUSTAHIK(Studi Kasus: Badan Amil Zakat Nasional Kota Pekanbaru). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
Lap FULL.pdf

Download (8MB)
[img] Text (BAB IV dan V)
BAB IV dan V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Pekanbaru memiliki tugas dan fungsi untuk mengumpulkan dan mendistribusikan zakat di kota Pekanbaru. Dalam menjalankan tugas dan fungsinya, BAZNAS Kota Pekanbaru dituntut harus dapat menentukan Mustahik dengan tepat. Mustahik adalah orang yang berhak menerima zakat. Biasanya, BAZNAS Pekanbaru melakukan wawancara dan melakukan survei pada setiap calon Mustahik untuk memutuskan siapa yang layak menjadi Mustahik dan menentukan kategori Mustahik. Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan, seperti perasaan, emosi, sentimen dan suasana hati dapat membawa penilaian yang subyektif. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan teknik klasifikasi Naïve Bayes Classifier dalam menentukan kategori Mustahik. Berdasarkan pengujian didapatkan akurasi tertinggi sebesar 93,773%; yaitu pada data latih 80%. Berdasarkan ujian penerimaan pengguna, didapatkan skor tertinggi pada aspek sistem yang mudah dimengerti, arahan penggunaan yang jelas, hasil keputusan dapat diterima dan proses Mustahik mudah dimengerti. Maka dapat disimpulkan bahwa sistem penentuan kategori Mustahik menggunakan metode Naive Bayes Classifier dapat berguna dalam menentukan Mustahik di BAZNAS Pekanbaru. Data yang digunakan memiliki distribusi kelas yang tidak seimbang, sehingga untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, disarankan untuk menggunakan data yang lebih banyak dan mempunyai distribusi kelas yang seimbang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 30 Jul 2020 01:35
Last Modified: 30 Jul 2020 01:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28775

Actions (login required)

View Item View Item