Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PENJUALAN EMAS PADA PRODUK MURABAHAH LOGAM INVESTASI ABADI (MULIA) DI PT. PEGADAIAN (PERSERO) CABANG SYARIAH AHMAD YANI PEKANBARU

Muhammad Ridwan, - (2020) ANALISIS PENJUALAN EMAS PADA PRODUK MURABAHAH LOGAM INVESTASI ABADI (MULIA) DI PT. PEGADAIAN (PERSERO) CABANG SYARIAH AHMAD YANI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim RiauF.

[img] Text
GABUNG KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Analisis Penjualan emas pada produk murabahah logam investasi abadi (MULIA) di PT. Pegadaian (Persero) cabang Syariah Ahmad Yani Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi karena penjualan emas di Pegadaian Syariah cabang Ahmad Yani Pekanbaru pada tahun 2017 mengalami penurunan yang sangat signifikan, yaitu hanya mencapai 37,16% dibandingkan dengan tahun sebelumnya 106,9% dan tahun 2015 57% dari target penjualan. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi penjualan emas di Pegadaian Syariah dan bagaimana tinjauan ekonomi islam terhadap penjualan emas di Pegadaian Syariah. Subjek dalam penelitian ini adalah pimpinan dan karyawan Pegadaian Syariah cabang Ahmad Yani Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah 4 orang, penulis menggunakan teknik sampling purposive, yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Sumber data primer diperoleh dari pimpinan dan karyawan Pegadaian Syariah cabang Ahmad Yani Pekanbaru, data sekunder dalam diperoleh dari buku dan situs/website yang bersangkutan dengan penelitian. Teknik analisa data yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi penjualan emas di Pegadaian Syariah cabang Ahmad Yani Pekanbaru terbagi 2 yaitu faktor internal dan eksternal, faktor internal yaitu penetapan harga jual, kualitas produk, kegiatan sales promotion, pelayanan, faktor eksternal yaitu selera konsumen dan persaingan. Tinjauan ekonomi Islam terhadap penjualan emas pada produk MULIA di PT. Pegadaian (Persero) cabang Syariah Ahmad Yani Pekanbaru sudah berjalan sesuai syariat Islam, pelaksanaannya sudah sesuai dengan aturan yang diterbitkan oleh MUI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 29 Jul 2020 03:12
Last Modified: 29 Jul 2020 03:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28774

Actions (login required)

View Item View Item