Nur Hamidi, - (2020) PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA USAHA PERCETAKAN STUDIO FOTO “GALBET FOTO STUDIO” DI JALAN RIAU KECAMATAN SENAPELAN MENURUT EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (3MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (809kB) |
Abstract
ABSTRAK Nur Hamidi (2020) : Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Usaha Percetakan Studio Foto “Galbet Foto Studio” Di Jalan Riau Kecamatan Senapelan Menurut Ekonomi Syariah Penelitian ini dilakukan di galbet foto studio. Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini adalah kualitas produk yang kurang bagus dalam memenuhi kepuasan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen pada usaha percetakan studio foto “galbet foto studio” di jalan Riau Kecamatan Senapelan, mengetahui tinjauan Ekonomi Syariah terhadap pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen pada usaha percetakan studio foto “galbet foto studio” di jalan Riau Kecamatan Senapelan. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlahnya tidak terhingga atau tidak diketahui. Sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 96 responden. Dari hasil penelitian berdasarkan hasil uji regresi linear sederhana yaitu Y = 0,517 + 1,050X yang berarti bahwa variabel X (kualitas produk) memiliki pengaruh yang positif terhadap kepuasan konsumen. Jika kualitas produk semakin meningkat maka kepuasan konsumen juga akan meningkat. Berdasarkan uji t diketahui nilai t hitung > t tabel yaitu 16,500 > 1,98600 dengan nilai signifikan sebesar 0.000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara signifikan antara kualitas produk terhadap kepuasan konsumen pada usaha galbet foto studio. Sedangkan uji R koefisien determinasi model adalah 0,743 atau (74%). Hal ini mengandung arti bahwa pengaruh variabel kualitas produk (X) terhadap variabel kepuasan konsumen sebesar 74%. Sedangkan sisanya (100%-74%=26%) berarti sebesar 26% perubahan nilai variabel dependen Y (kepuasan konsumen) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.Nilai koefisien korelasi sebesar 0,862 artinya korelasi antara kualitas produk dan kepuasan kosumen memiliki hubungan sangat kuat. Menurut tinjauan ekonomi syariah kualitas produk yang diberikan yaitu kualitas yang bernilai, bernilai dalam artian halal, baik, dan kualitasnya yang terpercaya, sehingga para konsumen merasa puas dengan apa yang diinginkan, selain mendapatkan kualitas produk yang halal, produk tersebut juga memberikan manfaat yang baik, dan juga memberikan kemaslahatan yang lebih banyak. Kata kunci : Kualitas Produk, Kepuasan Konsumen
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | fasih - |
Date Deposited: | 29 Jul 2020 02:38 |
Last Modified: | 29 Jul 2020 02:38 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28763 |
Actions (login required)
View Item |