Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pemanfaatan Akun Instagram @Indo_Psikologi Sebagai Media Referensi Gaya Hidup Sehat (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Suska Riau)”

Muhammad Baihaqi, - (2020) Pemanfaatan Akun Instagram @Indo_Psikologi Sebagai Media Referensi Gaya Hidup Sehat (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Suska Riau)”. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (827kB)
[img] Text
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Muhammad Baihaqi Jurusan : Ilmu Komunikasi Judul : Pemanfaatan Akun Instagram @Indo_Psikologi Sebagai Media Referensi Gaya Hidup Sehat (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Suska Riau)” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan akun Instagram @Indo_Psikologi sebagai media referensi gaya hidup sehat di kalangan mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, menggunakan informan sebagai sumber informasi sebanyak 18 informan, yang merupakan Mahasiswa Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Suska Riau sebagai follower akun Instagram @Indo_Psikologi. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa faktor psikologis pemanfaatan akun Instagram @Indo_Psikologi yang ditinjau dari perilaku dan budaya dari follower sudah menjadi kebiasaan perilaku mahasiswa dalam kehidupan sehari-hari. Hasil temuan diperoleh bahwa budaya menggunakan akun Instagram @Indo_Psikologi merupakan kebiasaan yang sering dilakukan oleh Informan (mahasiswa). Pola akses pemanfaatan akun Instagram @Indo_Psikologi dalam temuan diketahui pengambilan foto dilakukan dengan cara screenshoot atau menggunakan aplikasi instasave. Akses mengubah tampilan hanya dapat dilakukan pada akun follower pribadi. Semua postingan yang dibagikan melalui instastory. Para pengguna akun sering memberikan komentar atau tanda like pada setiap postingan yang ditayangkan. Pemanfaatan dan penerapan akun Instagram @Indo_Psikologi sebagai media berupa: Postingan olah raga, istirahat yang cukup, makanan dan gizi, serta penyakit dan penyembuhan diterapkan bagi mahasiswa (follower) dalam kehidupan sehari-hari. Pengaruh positif bagi mahasiswa mempunyai jaringan yang luas, sebagai wahana mengekspresikan kreativitas, berinteraksi dan belajar dengan audiens yang lebih luas juga telah mengubah cara pola hidup sehat di kalangan mahasiswa. Sedangkan pengaruh negatifnya adalah pengguna menilai rendah gambaran tubuh mereka sendiri. Kecemasan akan ketinggalan tren atau isu-isu yang tengah marak diperbincangkan juga menjadi dampak buruk Instagram lainnya. Kata Kunci: Pemanfaatan, Akun, Instagram @Indo_Psikologi, Media, Referensi, Gaya Hidup Sehat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 28 Jul 2020 02:58
Last Modified: 28 Jul 2020 02:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28729

Actions (login required)

View Item View Item