Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

FAKTOR PENENTU MUTU PENDIDIKAN MADRASAH SWASTA DI KOTA PEKANBARU (Studi : Pengaruh Penerapan Manajemen SDM, Budaya Organisasi dan Partisipasi Masyarakat Terhadap Mutu Pendidikan Madrasah Swasta di Kota Pekanbaru)

DARIMUS, - (2020) FAKTOR PENENTU MUTU PENDIDIKAN MADRASAH SWASTA DI KOTA PEKANBARU (Studi : Pengaruh Penerapan Manajemen SDM, Budaya Organisasi dan Partisipasi Masyarakat Terhadap Mutu Pendidikan Madrasah Swasta di Kota Pekanbaru). [Performance]

[img] Text
DARIMUS OK 2.pdf

Download (5MB)
[img] Text
20. BAB V OK.pdf

Download (758kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen sumber daya manusia, budaya organisasi, dan partisipasi masyarakat terhadap mutu pendidikan. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Swasta se-Kota Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode kausal, pendekatan teknik analisis jalur. Responden penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Guru, Tenaga Kependidikan, Pengawas Madrasah, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah dan pihak Komite Madrasah yang dipilih berdasarkan teknik acak sederhana (simple random sampling ). Adapun Temuan penelitiannya adalah: pertama, terdapat pengaruh langsung positif manajemen sumber daya manusia terhadap mutu pendidikan; kedua, terdapat pengaruh langsung positif budaya organisasi terhadap mutu pendidikan; ketiga, terdapat pengaruh langsung positif partisipasi masyarakat terhadap mutu pendidikan; keempat, terdapat pengaruh langsung positif manajemen sumber daya manusia terhadap partisipasi masyarakat; kelima, terdapat pengaruh langsung positif budaya organisasi terhadap partisipasi masyarakat; Keenam, terdapat pengaruh yang signifikan manajemen sumber daya manusia terhadap budaya organisasi. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa mutu pendidikan dipengaruhi secara simultan dan secara parsial oleh manajemen sumber daya manusia, budaya organisasi, dan partisipasi masyarakat. Sedangkan partisipasi masyarakat dipengaruhi secara signifikan oleh manajemen sumber daya manusia dan budaya organisasi. Sedangkan budaya organisasi dipengaruhi secara signifikan oleh manajemen sumber daya manusia. Implikasi dari penelitian ini adalah upaya dalam meningkatkan mutu pendidikan dapat dilakukan melalui penerapan manajemen sumber daya manusia, budaya organisasi, dan partisipasi masyarakat. Kata kunci: mutu pendidikan, penerapan manajemen sumber daya manusia, budaya organisasi, dan partisipasi masyarakat.

Item Type: Performance
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 28 Jul 2020 02:45
Last Modified: 28 Jul 2020 02:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28683

Actions (login required)

View Item View Item