HUBUNGAN KESIAPAN DAN GAYA BELAJAR DENGAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN KECAMATAN BANGKINANG KOTA

ZURAIDAH, - (2020) HUBUNGAN KESIAPAN DAN GAYA BELAJAR DENGAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN KECAMATAN BANGKINANG KOTA. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
ZURAIDAH OK.pdf

Download (13MB)
[img] Text (BAB IV)
18. BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara kesiapan dan gaya belajar dengan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN Kecamatan Bangkinang Kota. Rumusan masalah penelitian ini ada tiga yaitu: 1) apakah ada hubungan yang positif antara kesiapan belajar dengan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN Kecamatan Bangkinang Kota. 2) apakah ada hubungan yang positif antara gaya belajar dengan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN Kecamatan Bangkinang Kota. 3) apakah ada hubungan yang positif antara kesiapan dan gaya belajar dengan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN Kecamatan Bangkinang Kota. Penelitian ini merupakan penelitian kolerasi dengan pendekatan Kuantitatif. Populasi penelitian ini berjumlah 1529 siswa. Sampel penelitian sebanyak 317 siswa. Pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin dengan tingkat error 5%. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proportionate Stratified Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian ini diperoleh: 1) terdapat hbungan yang positif antara kesiapan belajar dengan keaktifan belajar siswa dengan diperoleh rhitung 0,621 > rtabel 0,109, maka Ha diterima dan H0 ditolak. 2) terdapat hubungan yang positif antara gaya belajar dengan keaktifan belajar siswa dengan diperoleh nilai rhitung 0,462 > rtabel 0,109; maka Ha diterima dan H0 ditolak. 3) terdapat hubungan yang positif antara kesiapan belajar dan gaya belajar secara bersama-sama dengan keaktifan belajar siswa dengan nilai Fhitung 145,7 > Ftabel 3,024, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Kata Kunci: Kesiapan belajar, Gaya Belajar, Keaktifan Belajar

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 28 Jul 2020 02:35
Last Modified: 28 Jul 2020 02:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28681

Actions (login required)

View Item View Item