Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENYELESAIAN PROGRAM LINIER MENGGUNAKAN METODE DUAL SIMPLEKS DAN METODE QUICK SIMPLEKS (Studi Kasus : Kelompok Wanita Tani Sentosa Santul)

Elvina Andiani, - (2020) PENYELESAIAN PROGRAM LINIER MENGGUNAKAN METODE DUAL SIMPLEKS DAN METODE QUICK SIMPLEKS (Studi Kasus : Kelompok Wanita Tani Sentosa Santul). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNG KECUALI BAB 4.pdf

Download (5MB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (733kB)

Abstract

PENYELESAIAN PROGRAM LINIER MENGGUNAKAN METODE DUAL SIMPLEKS DAN METODE QUICK SIMPLEKS (Studi Kasus : Kelompok Wanita Tani Sentosa Santul) ELVINA ANDIANI NIM : 11554202704 Tanggal Sidang : 23 Juni 2020 Periode Wisuda : 2021 Jurusan Matematika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Jl. HR. Soebrantas No.155 Pekanbaru ABSTRAK Kelompok Wanita Tani (KWT) Sentosa Santul menginginkan biaya seminimal mungkin, maka perlu dilakukan optimasi. KWT Sentosa Santul menyediakan 4 jenis pupuk tanaman cabai yaitu pupuk jenis Hidrokompleks, pupuk jenis Phonska, pupuk jenis NPK Zamrud, dan pupuk jenis pupuk Kandang Kambing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dual simpleks dan metode quick simpleks.Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui penyelesaian program linier menggunakan metode dual simpleks dan metode quick simpleks untuk mendapatkan solusi yang optimum dan fisibel. Penyelesaian metode dual simpleks, solusi optimum dan fisibel diperoleh dengan melakukan dua kali iterasi menggunakan eliminasi Gauus Jordan, sedangkan metode quick simpleks ini menyelesaikan persoalan dengan sekali iterasi untuk mencapai solusi yang optimum dan fisibel. Untuk mendapatkan nilai elemen baru dalam quick simpleks diperoleh dari rasio dua determinan dari matriks, yang penyebutnya adalah R. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa penyelesaian program linier dengan metode quick simpleks lebih efisien dibandingkan dengan metode dual simpleks. Hal ini, dapat dilihat dari banyak nya iterasi yang dilakukan. Metode dual simpleks dan metode quick simpleks menghasilkan nilai yang sama. Kelompok Wanita Tani (KWT) Sentosa Santul harus menyediakan pupuk jenis Phonska sebanyak 36/5 karung, pupuk jenis NPK Zamrud karung dengan biaya minimum sebesar RP. 1.633.000. Kata kunci: Fisibel, iterasi,metode dual simpleks, metode quick simpleks.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 28 Jul 2020 02:35
Last Modified: 28 Jul 2020 02:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28674

Actions (login required)

View Item View Item