Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Usulan Penjadwalan Pergantian Komponen Kritis Mesin Press Menggunakan Reliability Centered Maintenance di PT.Pulau Sambu Kualu Enok

Muhamad Fachri, - (2020) Usulan Penjadwalan Pergantian Komponen Kritis Mesin Press Menggunakan Reliability Centered Maintenance di PT.Pulau Sambu Kualu Enok. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
File Lengkap Sampai Lampiran kecuali hasil penelitian (Bab IV dan atau Bab V).pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
File hasil penelitian (Bab IV dan atau Bab V).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (993kB)

Abstract

PT.Pulau Sambu Kuala Enok merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang industri pengolahan kelapa menjadi minyak. Diketahui bahwa dalam proses produksi minyak kelapa masih sering mengalami hambatan atau aktivitas-aktivitas yang merugikan perusahaan seperti gangguan kerusakan mesin secara tiba-tiba pada saat proses produksi berlangsung, terutama pada mesin press yang sering mengalami kerusakan sehingga berdampak pada target produksi perusahaan. Usulan perawatan yang dilakukan adalah dengan menggunakan metode distribusi. Dengan melakukan analisa kehandalan dan mengetahui nilai waktu rata-rata kerusakan (MTTF) pada komponen mesin dapat dilakukan penjadwalan ulang. Penentuan tiindakan perbaikan atapun penggantian komponen kritis mesin menggunakan metode task selection. Perhitungan perbaikan mesin press dengan menentukan komponen kritis dari masing-masing komponen mesin press dengan metode FMEA dan menentukan nilai RPN. Berdasarkan hasil pengolahan diperoleh 4 komponen kritis untuk dilakukan penjadwalan yaitu waktu penggantian screw selama 276.09 jam sekali pergantian, Komponen cagebar dengan waktu 279,09 jam sekali pengecekan dan penggantian, komponen kopling dengan waktu 316,32 jam sekali pergantian dan komponen bearing dengan waktu 347,6 jam sekali pengecekan dan pergantian. Artinya setelah mesin beroperasi sesuai dengan jam interval optimum tersebut, maka perlu dilakukannya perawatan komponen tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 28 Jul 2020 03:35
Last Modified: 28 Jul 2020 03:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28651

Actions (login required)

View Item View Item