Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Open-Ended terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis berdasarkan Habits of Mind Siswa SMP/MTs

Dina Aqny Zulfaini, - (2020) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Open-Ended terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis berdasarkan Habits of Mind Siswa SMP/MTs. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
DINA AQNY ZULFAINI.pdf

Download (59MB)

Abstract

ABSTRAK Dina Aqny Zulfaini, (2020): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Open-Ended terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis berdasarkan Habits of Mind Siswa SMP/MTs. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta dilapangan yang menunjukkan bahwa masih banyaknya siswa SMP Negeri 10 Tapung yang memiliki kemampuan komunikasi matematis yang cukup rendah dan bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran Open-Ended dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional, dan juga bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang memiliki Habits of Mind tinggi, sedang, dan rendah serta mengetahui apakah terdapat pengaruh interaksi antara penerapan model dalam pembelajaran dengan Habits of Mind terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Factorial Experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah Seluruh siswa SMP Negeri 10 Tapung kelas VIII A dan VIII B Tahun ajaran 2019/2020. Sampel diambil secara cluster random sampling yaitu beberapa siswa pada kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan VIII B sebagai kelas ekperimen, dengan jumlah siswa didapat dari hasil perhitungan Slovin dan pemilihan siswa dengan cara undian. Pengumpulan data berupa tes kemampuan komunikasi matematis dan angket habits of mind. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Open-Ended dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional di SMP Negeri 10 Tapung; 2) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang memiliki habits of mind tinggi, sedang, dan rendah di SMP Negeri 10 Tapung; 3) Tidak Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan Habits of Mind terhadap kemampuan Komunikasi siswa di SMP Negeri 10 Tapung. Kata Kunci: Model Pembelajaran Open-Ended, Kemampuan Komunikasi Matematis, Habits of Mind.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 27 Jul 2020 04:15
Last Modified: 27 Jul 2020 04:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28639

Actions (login required)

View Item View Item