Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas XI IPA SMAN 14 Pekanbaru pada Materi Hidrolisis Garam Dengan Menggunakan Instrument Test Diagnostic Three-Tier

Ahmad Fadilah Tsani Rasyid, - (2020) Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas XI IPA SMAN 14 Pekanbaru pada Materi Hidrolisis Garam Dengan Menggunakan Instrument Test Diagnostic Three-Tier. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
AHMAD FADILAH TSANI RASYID.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Ahmad Fadilah Tsani Rasyid (2020): Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas XI IPA SMAN 14 Pekanbaru pada Materi Hidrolisis Garam Dengan Menggunakan Instrument Test Diagnostic Three-Tier Miskonsepsi merupakan kesalahan peserta didik dalam menafsirkan konsep secara benar. Materi hidrolisis garam merupakan salah satu materi kimia SMA yang berpotensi menyebabkan miskonsepsi dan mengalami kesalahan konsep. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya miskonsepsi siswa serta mengetahui persentase miskonsepsi pesesta didik pada materi hidrolisis garam yang teridentifikasi dengan menggunakan Test Diagnostic Three-Tier. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dimana sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 1 SMAN 14 Pekanbaru. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah Test Diagnostic Three-Tier, dokumentasi, wawancara dan observasi bebas. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi miskonsepsi pada materi hidrolisis garam. Miskonsepsi terjadi pada semua konsep, Sebanyak 28,0% siswa mengalami miskonsepsi pada konsep awal hidrolisis garam, 29,4% siswa miskonsepsi pada konsep menghitung pH larutan garam yang terhidrolisis, 52,3% siswa miskonsepsi pada konsep pengelompokan jenis garam yang mengalami hidrolisis. Faktor penyebabab terjadinya miskonsepsi pada peserta didik lebih didominasi oleh penalaran yang tidak lengkap atau salah dan kemampuan peserta didik yang kurang dalam memahami dan mengingat materi. Kata Kunci: Miskonsepsi, Test Diagnostic Three-Tier, Hidrolisis Garam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 27 Jul 2020 02:38
Last Modified: 27 Jul 2020 02:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28631

Actions (login required)

View Item View Item