ROMI NOVI FUSANTI, - (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (867kB) |
|
Text
ROMI.pdf Download (13MB) |
Abstract
ABSTRAK Romi Novi Fusanti, (2020): Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Kemampuan Komunikasi Siswa Pada Materi Sistem Periodik Unsur Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperimen yang dilatar belakangi oleh kemampuan komunikasi siswa yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TSTS terhadap kemampuan komunikasi siswa kelas X TKJ di SMK Teknologi Balam. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling, sampel diambil 2 kelas yaitu kelas X TKJ sebagai kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dan kelas X TSM sebagai kelas kontrol dengan metode diskusi dan tanya jawab dan. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini melalui observasi dan dokumentasi. Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan komunikasi siswa digunakan uji independent sample t-test. Melalui uji hipotesis dengan independent sample t-test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.00<0.05, sesuai dasar pengambilan keputusan dalam uji independent sample t-test, dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diambil kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TSTS berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi siswa kelas X TKJ di SMK Teknologi Balam. Kata Kunci: TSTS, Kemampuan Komunikasi, Sistem Periodik Unsur
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 27 Jul 2020 02:44 |
Last Modified: | 27 Jul 2020 02:44 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28628 |
Actions (login required)
View Item |