Prosedur Pemberian Pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Subsidi Islamic Banking (IB) Pada PT. Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Syariah Pekanbaru.

Nevia Ariati Br.Nasution, - (2020) Prosedur Pemberian Pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Subsidi Islamic Banking (IB) Pada PT. Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Syariah Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
NEVIA ARIATI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (356kB)

Abstract

ABSTRAK Nevia Ariati Br.Nasution (2020) : Prosedur Pemberian Pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Subsidi Islamic Banking (IB) Pada PT. Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Syariah Pekanbaru. PT. Bank Tabungan Negara adalah suatu lembaga perbankan yang bergerak sebagai sarana penghimpun dana dari masyarakat serta menyalurkannya lagi kembali kepada masyarakat dalam bentuk pembiayaan atau kredit perumahan. penulis tertarik untuk melakukan penelitian ini lebih lanjut dengan pokok masalah bagaimana Prosedur pemberian Pembiayaan kredit pemilikan rumah (KPR) subsidi IB PT. Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Syariah Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana prosedur pemberian pembiayaan kredit pemilikan rumah ( KPR) subsidi IB pada PT. Bank Tabungan Negara dan apa saja keunggulan kredit pemilikan rumah (KPR) di PT. Bank Tabungan Negara Cabang pekanbaru tersebut. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah 1 orang Pimpinan dan 3 orang karyawan bagian financing service, dan marketing bagian pembiayaan kredit pemilikan rumah yang mengerti tentang prosedur pemberian pembiayaan kredit pemilikan rumah (KPR) subsidi IB. Karena populasinya sedikit maka dijadikan sampel dengan menggunakan total sampling yaitu menjadikan seluruh populasi menjadi sampel, maka sampel penelitian ini 4 orang. Analisis data dalam penelitian ini yaitu deskritif kualitatif dan sumber data penelitian ini terdiri dari data primer, dan sekunder, dan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Prosedur yang dilakukan dalam pemberian pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah sebagai berikut., Pertama Nasabah melengkapi dokumen persyaratan sebagai berikut: warga negara indonesia (WNI), memiliki e-KTP, usia minimal 21 tahun atau telah menikah, pada saat pembiayaan lunas usia tidak lebih dari 65 tahun, tidak memiliki kredit/pembiayaan bermasalah, pemohon tidak memiliki rumah dan belum pernah menerima subsidi, menyampaikan NPWP dan SPT tahunan, Kedua Verifikasi kelengkapan data nasabah Ketiga , Melakukan analisis 5C dan Penginputan yang akan diproses oleh sistem layanan informasi keuangan Keempat keluar SP3K (surat penegasan persetujuan penyediaan kredit) dan melakukan akad Kelima Pencairan. Keunggulan Kredit Pemilikan Rumah Subsidi IB yaitu; Melalui proses yang mudah dan cepat, angsuran tetap sampai lunas, dilindungi asuransi jiwa dan kebakaran, bebas PPN, jaringan kerjasama luas dengan devoloper diseluruh Indonesia. Kata kunci: Prosedur Pembiayaan KPR subsidi IB

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi > 332.1 Bank, Perbankan
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbankan Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 27 Jul 2020 03:30
Last Modified: 27 Jul 2020 03:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28620

Actions (login required)

View Item View Item