Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN USAHA OLEH-OLEH KHAS PEKANBARU PISANG GORENG KIPAS DI TOKO KEIKO

DHITA NOVIANSYAH AKBAR, - (2020) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN USAHA OLEH-OLEH KHAS PEKANBARU PISANG GORENG KIPAS DI TOKO KEIKO. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
DHITA NOVIANSYAH AKBAR (COVER-LAMPIRAN).pdf

Download (7MB)
[img] Text (BAB IV)
DHITA NOVIANSYAH AKBAR (BAB 4 DAN 5).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (963kB)

Abstract

Toko Keiko merupakan sebuah usaha yang menyediakan oleh-oleh khas Pekanbaru berupa pisang goreng kipas. Toko Keiko ini telah berdiri selama kurang lebih 3 tahun, namun pada 2 tahun terakhir terjadi penurunan volume penjualan yang telah berdampak pada pendapatan toko Keiko. Untuk sistem pemasaran sendiri toko Keiko masih menerapkan cara yang konvemsional berupa pembagian brosur. Selain sistem pemasaran yang terbilang buruk, toko Keiko sendiri hanya memiliki satu produk yang dijual yaitu hanya pisang goreng kipas. Hal ini yang merupakan salah satu permasalahan yang ada. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui masalah penyebab penurunan volume penjualan, kemudian mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhinya dan mengetahui strategi pemasaran yang tepat untuk dapat meningkatkan volume penjualan pada toko Keiko. Penentuan posisi strategi matriks IE didasarkan pada hasil total nilai matriks IFE yang diberi bobot pada sumbu X dan total nilai matriks EFE pada sumbu Y. Total nilai matriks IFE sebesar 0,584 dan total nilai matriks EFE sebesar 0,959, sehingga dari nilai-nilai tersebut didapatkan posisi toko Keiko berada pada kuadran I. Sedangkan pada matriks SWOT didapatkan sebanyak 11 strategi. Selanjutnya untuk tahap akhir yaitu merupakan pemilihan strategiyang sesuai yang dapat dijalankan toko Keiko dengan menggunakan quantitative strategic planning matriks (QSPM). Pada penelitian ini didapatkan beberapa prioritas strategi utama berupa menambah variasi produk guna menarik pelanggan baru dan diharapkan juga dapat mempertahankan pelanggan lama. Kata Kunci —IFE, EFE, IE, SWOT, QSPM

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 27 Jul 2020 04:21
Last Modified: 27 Jul 2020 04:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28581

Actions (login required)

View Item View Item