PELAYANAN APARATUR PEMERINTAHAN DALAM PEMBUATAN AKTA KELAHIRAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SIJUNJUNG DITINJAU DARI FIQH SIYASAH

Sisi Afrina, - (2020) PELAYANAN APARATUR PEMERINTAHAN DALAM PEMBUATAN AKTA KELAHIRAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SIJUNJUNG DITINJAU DARI FIQH SIYASAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (780kB)
[img] Text
SKRIPSI GABUNG.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Sisi Afrina (2020) : Pelayanan Aparatur Pemerintahan dalam Pembuatan Akta Kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sijunjung Ditinjau Dari Fiqh Siyasah. Akta Kelahiran merupakan akta wajib yang harus dimiliki warga Negara Indonesia. Pemerintah Kabupaten Sijunjung juga telah mengeluarkan kebijakan bahwa setiap masyarakat yang wajib memiliki Akta Kelahiran. Penulisan skripsi ini berlatang belakang dari banyaknya masyarakat yang tidak memiliki akta kelahiran di Kabupaten Sijunjung Dalam penulisan skripsi ini penulis mengangkat beberapa pokok permasalahan yakni bagaimana peran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil terkait Penanganan pembuatan Akta Kelahiran di Kabupaten Sijunjung, apa kendala atau masalah masyarakat dalam pelayanan pembuatan akta kelahiran, dan bagaimana Tinjauan Fiqh Siyasah terhadap pelayan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sijunjung. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang berlokasi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sijunjung. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui observasi, dan wawancara sebagai data primer yang dihimpun dari pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sijunjung, dilakukan dengan cara melakukan wawancara terhadap informan yang memberi pelayanan Akta Kelahiran dan penerima pelayanan Akta Kelahiran, meneliti dokumen peraturan, kebijakan, serta media lainya yang berhubungan dengan pelayanan public, setelah data tersebut diperoleh, lalu dianalisandengan deskriptif analitik. Temuan dari peneliti terkait pelayanan pembuatan Akta Kelahiran yang dilakukan Oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sijunjung belum memenuhi kualitas pelayanan karena masih ada beberapa indicator yang belum maksimal dalam pelaksanaan administrasinya seperti kualitas pelayanan.hal ini karena kendala ketepatan waktu pelayanan, dan kemudahan kepengurusan, dan penulis memperoleh jawaban bahwasanya terkait pelayanan pembuatan Akta Kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sijunjung adalah sesuatu yang tidak sesuai dengan tinjauan Fiqh Siyasah dikarenakan pemerintah adalah orang yang bertanggung jawab sepenuhnya terhadap kesejahteraan masyarakatnya, terutama dalam pelayanan publik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 27 Jul 2020 04:00
Last Modified: 27 Jul 2020 04:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28579

Actions (login required)

View Item View Item