STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PADA PRODUK TABUNGAN HAJI PT. BNI SYARIAH KC PANAM ARENGKA PEKANBARU

Nofi Wahyuni, - (2020) STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PADA PRODUK TABUNGAN HAJI PT. BNI SYARIAH KC PANAM ARENGKA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
SKRIPSI GABUNG.pdf

Download (2MB)
[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)

Abstract

ABSTRAK Nofi Wahyuni (2020) : Stratrgi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Pada Produk Tabungan Haji PT. BNI Syariah Kantor Cabang Panam Arengka Pekanbaru Semakin banyaknya pertumbuhan bank konvensional dan Bank Syariah menjadikan tingkat persaingan semakin ketat dalam pencarian nasabah. Dengan persaingan yang terjadi, bank-bank tersebut dapat diminati oleh masyarakat dan dipercayai untuk menghimpun dana dan menyalurkan dana yang mereka miliki. Strategi yang penting adalah strategi pemasarannya, karena pemasaran merupakan bidang yang paling dinamis dalam area manajemen. Selain itu strategi pemasaran merupakan salah satu cara untuk dapat mengenalkan produk-produk yang dimiliki Bank Syariah agar produk tersebut dapat dikenal masyarakat luas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran dan faktor pendukung dan penghambat produk tabungan BNI Baitullah IB Hasanah pada PT. BNI Syariah Kantor Cabang Panam Arengka Pekanbaru. Penelitian ini dilaksanakan di PT. BNI Syariah Kantor Cabang Panam Arengka Pekanbaru yang beralamat di Jl. H. R Soebrantas No. 155 KM. 15 Tuahmadani Tampan-Pekanbaru. Pada penelitian ini memiliki populasi yang berjumlah 5 staff pemasaran pada PT.BNI Syariah Kantor Cabang Panam Arengka Pekanbaru dan diambil sampel sebanyak 2 orang yang berhubungan langsung dengan permasalahan, yang terdiri dari 1 orang Bun Yamin, CSH Consumer Service Head 1 orang Siti Fauziah Rahmi Back Office Head. Dalam pengambilan sampel penulis menggunakan Purposive Sampling. Analisis data dalam penelitian ini yaitu Deskriptif dan sumber data penelitian ini terdiri data primer sekunder dan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menjelaskan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan untuk meningkatkan jumlah nasabah produk tabungan BNI Baitullah IB Hasanah unsur Marketing Mix yaitu Place, Product, Price dan Promotion. Sementara yang menjadi faktor pendukung produk tabungan haji BNI Baitullah IB Hasanah PT. BNI Syariah Kantor Cabang Panam Arengka Pekanbaru yaitu semua muslim memiliki niat untuk naik haji, masyarakat Indonesia mayoritas islam/muslim, prosedur pembukaan tabungan BNI Baitullah IB Hasanah tidak rumit, nasabah bebas memilih akad, setoran awal ringan. Adapun yang menjadi faktor penghambat produk tabungan haji BNI Baitullah IB Hasanah pada PT. BNI Syariah Kantor Cabang Panam Arengka Pekanbaru yaitu dibidang operasional kurangnya pemahaman masyarakat, banyak berdiri lembaga keuangan syariah, dibidang administrasi KTP yang dipakai sudah habis masa berlakunya, dibidang SDM banya karyawan bank BNI Syariah kantor Panam Arengka Pekanbaru yang tidak lulusan perbankan syariah, masih banyak karyawan bank BNI Syariah Kantor Cabang Panam Arengka Pekanbaru yang belum begitu menguasai terkait produk-produk syariah PT. BNI Syariah. Kata Kunci : Strategi Pemasaran Produk Tabungan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi > 332.1 Bank, Perbankan
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbankan Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 27 Jul 2020 03:00
Last Modified: 27 Jul 2020 03:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28563

Actions (login required)

View Item View Item