Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

LEAN HOSPITAL UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN RUMAH SAKIT (STUDI KASUS DI RSUD ARIFIN ACHMAD PROVINSI RIAU)

ORIE HARASAKITO, ORIE (2020) LEAN HOSPITAL UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN RUMAH SAKIT (STUDI KASUS DI RSUD ARIFIN ACHMAD PROVINSI RIAU). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
LAPORAN ORIE HARASAKITO.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
laporan ta orie harasakito BAB 4 DAN 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (800kB)

Abstract

Permasalahan yang terjadi pada rawat jalan poli bedah Rumah Sakit Arifin Achmad Pekanbaru adalah tidak memenuhi standar pelayanan minimal rumah sakit untuk waktu tunggu. Tujuan dari penelitian ini adalah waste yang terjadi dan memberikan usulan perbaikan terhadap waktu tunggu pelayanan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah lean adalah salah satu pendekatan terbaik untuk mengidentifikasi waste yang terjadi di lingkungan kerja. Adanya lean hospital akan mengeliminasi waste yang merupakan aktivitas yang tidak memiliki nilai tambah. Hasil dari penilitian ini menggunakan waste relationship matrix adalah waste yang berpengaruh menyebabkan waste waiting adalah waste over processing yaitu sebesar 21,93%, untuk mengetahui akar penyebab permasalahan waste waiting menggunakan 5-whys hasil wawancara dengan kepala seksi perencanaan fasilitas pelayanan medik adalah karyawan loket pendaftaran BPJS hanya 1 orang untuk melayani semua pasien BPJS sehinga beban kerja pasien tinggi mempengaruhi konsentrasi petugas, usulan perbaikan yang diberikan adalah pihak rumah sakit menggunakan anjungan pendaftaran mandiri untuk pasien rawat jalan BPJS untuk mengurangi waktu tunggu pada loket pendaftaran BPJS dan mengurangi aktivitas yang dilakukan pada loket pendaftaran BPJS. Hasil PCE future state value stream mapping adalah sebesar 34,89%. Nilai PCE saat ini adalah 20,40% sedangkan nilai PCE untuk aktivitas dan waktu yang diusulkan adalah 34,89%. Ini menunjukkan proses pelayanan instalasi rawat jalan BPJS sudah lean. Kata kunci: Lean Hospital, Root Cause Analysis, Value Stream Mapping, Waste Relationship Matrix.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 24 Jul 2020 03:14
Last Modified: 24 Jul 2020 03:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28559

Actions (login required)

View Item View Item