Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Efektivitas Konseling Kelompok dengan Teknik Assertive Training untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Pertanian Terpadu Provinsi Riau

Hety Purnamasari, - (2020) Efektivitas Konseling Kelompok dengan Teknik Assertive Training untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Pertanian Terpadu Provinsi Riau. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (821kB)
[img] Text
HETY.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Hety Purnamasari, (2020) : Efektivitas Konseling Kelompok dengan Teknik Assertive Training untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Pertanian Terpadu Provinsi Riau Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas teknik assertive training dalam layanan konseling kelompok untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Pertanian Terpadu Provinsi Riau. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain the one group pretest-postest design. Subjek penelitian ini adalah siswa SMK Negeri Pertanian Terpadu Provinsi Riau. Sedangkan Objek penelitian ini adalah efektivitas teknik assertive training dalam layanan konseling kelompok untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa di SMK Negeri Pertanian Terpadu Provinsi Riau. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 34 siswa yang memiliki masalah dalam penyesuaian diri sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 8 siswa yaitu satu kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dengan skala likert dan dilakukan uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan SPSS For Windows. Tenik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukan bahwa penyesuaian diri siswa sebelum diberikan perlakuan dalam konseling kelompok dengan teknik assertive training pada kategori rendah dengan rata-rata 52 dan setelah diberikan perlakuan dengan konseling kelompok dengan teknik assertive training mengalami peningkatan menjadi kategori tinggi dengan rata-rata 88,12. Maka, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pre-test dan post-test, artinya teknik assertive training dalam konseling kelompok efektif untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa dilihat dari hasil analisis data bahwa Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0.012 jika dibandingkan dengan signifikasi 5% maka 0.012 < 0.05 sehingga hipotesis alternatif diterima, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci: Efektivitas, Teknik Assertive Training, Konseling Kelompok, Penyesuaian Diri

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 28 Jul 2020 02:26
Last Modified: 28 Jul 2020 02:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28534

Actions (login required)

View Item View Item