Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI PENGETAHUAN AWAL MATEMATIS SISWA SMP

FEBRIAN FITRA, - (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI PENGETAHUAN AWAL MATEMATIS SISWA SMP. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (skripsi)
SKRIPSI UPLOAD.pdf - Published Version

Download (44MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Febrian Fitra , (2020) : Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis ditinjau dari Pengetahuan Awal Matematis Siswa SMP Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran creative problem solving terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis ditinjau dari pengetahuan awal matematis siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen dengan desain penelitian Factorial Experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tambang. Pengambilan sampel menggunakan Cluster Sampling, terpilih kelas VIII.4 sebagai kelas eksperimen yang diberikan model pembelajaran creative problem solving, dan kelas VIII.3 sebagai kelas kontrol yang diberikan pembelajaran konvensional. Pengujian hipotesis dengan teknik analisis data yaitu uji anova dua arah (two way anova). Instrumen yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur pengetahuan awal matematis dan kemampuan berfikir kreatif matematis siswa. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan berfikir kreatif matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. 2) Terdapat perbedaan kemampuan berfikir kreatif matematis antara siswa yang memiliki pengetahuan awal tinggi, sedang, dan rendah 3) Tidak terdapat interaksi antar faktor model pembelajaran dan pengetahuan awal terhadap kemampuan berfikir kreatif matematis siswa. Kata Kunci: Creative Problem Solving, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Pengetahuan Awal Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 24 Jul 2020 03:44
Last Modified: 24 Jul 2020 03:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28508

Actions (login required)

View Item View Item