Sukron Lubis, - (2020) STRATEGI PROMOSI DALAM MENINGKATKAN JUMLAH ANGGOTA KOPERASI SYARIAH BMT AL ITTIHAD DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (5MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (910kB) |
Abstract
ABSTRAK Sukron Lubis, 2020 :Strategi Promosi dalam Meningkatkan Jumlah Anggota Koperasi Syariah BMT Al Ittihad (Studi Komparatif Cabang Rumbai dan Cabang Panam) Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengamatan penulis tentang pengusaha yang dalam perkembangan usahanya berbeda-beda, sehingga dibuatlah Rumusan Masalah dalam Penelitian ini adalah Bagaimana Strategi Promosi dalam meningkatkan jumlah Anggota Koperasi Syariah BMT Al Ittihad Cabang Rumbai dan Cabang Panam. Dan bagaimana Strategi Promosi dalam meningkatkan jumlah Anggota Koperasi Syariah BMT Al Ittihad Cabang Rumbai dan Cabang Panam dalam tinjauan Ekonomi Syariah. Metode yang digunakan dalam Penelitian ini dilihat dari jenis penelitian yaitu tergolong kedalam jenis Penelitian Komparatif Kuantitatif, yaitu penulis melakukan penelitian langsung ke lokasi penelitian. Adapun lokasi penelitian ini dilakukan di Koperasi Syariah BMT Al ittihad Cabang Rumbai di Jalan Sembilang No.107 Kelurahan Rumbai Pekanbaru dan Koperasi Syariah BMT Al ittihad Cabang Panam di Jalan Delima No.138 Kelurahan Delima Panam Pekanbaru, kemudian dalam Populasi dalam Penelitian ini sebanyak 5 orang, sedangkan Sampelnya dengan menggunakan Purposive Sampling atau dimana sampel dipilih diantara Populasi sesuai dengan yang dikehendaki Peneliti, sehingga Sampel tersebut dapat mewakili karakteristik Populasi yang diinginkan. Dari hasil penelitian ini Strategi Promosi yang dilakukan oleh Koperasi Syariah BMT Al Ittihad Cabang Rumbai dan Cabang Panam yaitu meningkatkan Pelayanan, meningkatkan Kualitas SDM, meningkatkan Promosi dan meningkatkan kualitas keagamaan melalui syariat Islam. Koperasi Syariah BMT Al Ittihad menggunakan konsep Strategi Segmentasi, Targeting, Positioning, serta juga mengembangkan konsep Promotion mix yang terdiri dari (Penjualan Pribadi, Periklanan, Publikasi, Promosi Penjualan dan Hubungan Masyarakat). Adapun Faktor yang menjadi pendukung Strategi promosi ialah: Lokasi yang mudah dijangkau, harga yang komfetitif, tidak memperlakukan denda dan asuransi, masyarakat tertarik dengan Lembaga Keuangan berbasis Syariah, segmen pasar yang luas, teknologi semakin berkembang, Aplikasi BMT Al Ittihad dan pelayanan Prima terhadap Anggota. Faktor penghambatnya yaitu: sistem serba online, apabila mati lampu akan mengkambat, minimnya inovasi produk dibidang promosi, promosi media cetak dan elektronik kurang aktif, tingkat persaingan tinggi, dan pengetahuan Masyarakat masih minim tentang BMT Al Ittihad. Kata kunci: Strategi, Promosi, Meningkatkan, Jumlah, Anggota.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | fasih - |
Date Deposited: | 24 Jul 2020 06:21 |
Last Modified: | 24 Jul 2020 06:22 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28506 |
Actions (login required)
View Item |