Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN KONTROL DIRI DENGAN PERSEPSI PERILAKU SEKSUAL PRANIKAH PADA SANTRI MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN ASSALAM AIR TIRIS KAB. KAMPAR

Rahma Putri, - (2020) HUBUNGAN KONTROL DIRI DENGAN PERSEPSI PERILAKU SEKSUAL PRANIKAH PADA SANTRI MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN ASSALAM AIR TIRIS KAB. KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (7MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (472kB)

Abstract

HUBUNGAN KONTROL DIRI DENGAN PERSEPSI PERILAKU SEKSUAL PRANIKAH PADA SANTRI MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN ASSALAM AIR TIRIS KAB. KAMPAR Rahma Putri (Email: rahmaputri122@gmail.com) Fakultas Psikologi UIN Suska Riau ABSTRAK Kontrol diri merupakan suatu kemampuan yang penting bagi santri dalam mengendalikan situasi dan kondisi yang merugikan salah satunya seperti perilaku seksual pranikah. Penelitian ini menggunakan desain kuantitaif korelasional, dengan subjek santriwan dan santriwati sebanyak 161 orang. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan skala kontrol diri, dan skala perilaku seksual. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi regresi sederhana diperolah hasil sig. 0,000 (p<0,01) dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,276. Artinya terdapat hubungan antara kontrol diri dengan persepsi perilaku seksual pranikah (berpacaran), sehingga hipotesis dalam penelitian ini diterima. Sumbangan efektif secara bersama-sama yang diberikan kontrol diri terhadap perilaku seksual pranikah sebesar 7,6%. Aspek Disiplin diri memberikan sumbangan terbesar yaitu sebesar 4,500% dan diikuti oleh aspek menahan godaan sebesar 2,894% dan terakhir sebesar 0,206% adalah aspek melanggar kebiasaan. Penelitian ini mengungkapkan bahwa kontrol diri yang cukup baik pada santri dapat membantu santri jauh dari perilaku seksual pranikah. Oleh karena itu penelitian ini berguna untuk memahami cara dalam meminimalisir bahaya dan dampak dari perilaku seksual pranikah dengan meningkatkan kontrol diri pada santri. Kata kunci: persepsi perilaku seksual pranikah (berpacaran), kontrol diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: fpsi -
Date Deposited: 23 Jul 2020 07:30
Last Modified: 23 Jul 2020 07:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28483

Actions (login required)

View Item View Item