Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

USULAN PENERAPAN LEAN SIX SIGMA UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PALLET DI PT. INDUSTRI PENGOLAHAN KAYU RAKYAT KARMINTO (IPKR KM)

TETI ALAWIYAH, - (2020) USULAN PENERAPAN LEAN SIX SIGMA UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PALLET DI PT. INDUSTRI PENGOLAHAN KAYU RAKYAT KARMINTO (IPKR KM). Skripsi thesis, Universitas Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
semua kecuali bab 4 dan 5.pdf

Download (3MB)
[img] Text (bab IV dan bab V)
bab 4 dan 5 teti alawiyah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

PT. Industri Pengolahan Rakyat Karminto (IPKR KM) merupakan perusahaan yang bergerak dibidang proses pembuatan pallet. Produk yang dihasilkan yaitu pallet ukuran 63cm x 93cm x 13,5cm, 67cm x 102cm x 13,5cm, 76cm x 96cm x 12,5cm, dan 94cm x 113cm x 12,5cm. Jumlah produksi untuk jenis pallet ukuran tersebut rata rata 1.000 pallet perbulan, namun dalam setiap produksinya masih terdapat cacat produk dan waste. Lean Six Sigma merupakan gabungan dari dua metode yaitu metode Lean dan Six Sigma. Metodologi ini dilakukan dengan menganalisis waste yang ada untuk menuju ke tahap Six Sigma dengan pendekatan DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve, dan Control). Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi waste pada produksi pallet, menentukan penyebab terjadi waste, dan memberikan usulan perbaikan peningkatan kualitas produksi pallet dengan pendekatan Lean Six Sigma. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh jenis waste yang paling berpengaruh terhadap berlangsungnya proses produksi pallet yaitu defect product (kayu rusak dan perbedaan dimensi), overprocessing, dan wasting time. Penyebab waste yang terjadi saat proses pembuatan pallet yaitu kayu rusak adalah kualitas bahan baku tidak bagus, perbedaan dimensi adalah adalah mesin tidak berjalan optimal, overprocessing adalah kesalahan operator, dan wastingtime adalah lingkungan kerja yang buruk. Usulan tindakan perbaikan yang dapat dilakukan yaitu dengan cara meningkatkan disiplin kerja, melakukan pelatihan kerja, menambah fasilitas, memberikan reward kepada karyawan, membuat peraturan, pengontrolan bahan baku, membuat SOP, membuat Check Sheet, rotasi kerja, melakukan maintenance mesin, pengontrolan mesin dan oven, penerapan 5S, dan memberikan usulan Diagram Aliran Proses.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 23 Jul 2020 07:10
Last Modified: 23 Jul 2020 07:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28479

Actions (login required)

View Item View Item