Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN PERJANJIAN SEWA MENYEWA ANTARA UNIT USAHA OTONOM PUTERA MELAYU DENGAN PENGUSAHA PENYEDIA JASA TRANSPORTASI DI DESA MUARA UWAI KECAMATAN BANGKINANG

MHD. ZAKI FATHONI, - (2020) PELAKSANAAN PERJANJIAN SEWA MENYEWA ANTARA UNIT USAHA OTONOM PUTERA MELAYU DENGAN PENGUSAHA PENYEDIA JASA TRANSPORTASI DI DESA MUARA UWAI KECAMATAN BANGKINANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (931kB)
[img] Text
GABUNGAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “PELAKSANAAN PERJANJIAN SEWA MENYEWA ANTARA UNIT USAHA OTONOM PUTERA MELAYU DENGAN PENGUSAHA PENYEDIA JASA TRANSPORTASI DI DESA MUARA UWAI KECAMATAN BANGKINANG” Pelaksanaan perjanjian sewa menyewa jasa transportasi (dump track) menjadi salah satu kebutuhan penting dalam menjalankan suatu usaha. Dalam hal ini penyedia jasa transportasi menyediakan sewa menyewa dump track menjadi penelitian dalam penulisan ini. Sewa menyewa merupakan perbuatan perdata yang dapat dilakukan oleh suatu subyek hukum (orang dan badan hukum). Sewa menyewa ialah suatu perjanjian, dengan mana pihak yang satu mengikatkan dirinya untuk memberikan kepada pihak yang lainnya kenikmatan dari suatu barang, selama sautu waktu tertentu dan dengan pembayaran sesuatu harga, yang oleh pihak tersebut belakangan disanggupi pembayarannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana tinjauan hukum dalam pelaksanaan perjanjian sewa menyewa angkutan truk antara Unuit Usaha Otonom Putera Melayu dengan Pengusaha Penyedia Jasa Transportasi, dan Bagaimana tinjauan Hukum terhadap sengketa yang terjadi (wanprestasi) dalam perjanjian sewa menyewa angkutan truk antara Unit Usaha Otonom dengan Pengusaha Penyedia Jasa Transportasi. Metode penelitian skripsi ini menggunakan metode penelitian hukum sosiologis yaitu penelitian yang langsung mengumpulkan data ke lokasi penelitian terhadap penerapan aturan hukum pada masyarakat, penelitian ini bersifat deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data adalah observasi atau pengamatan, wawancara, dan studi kepustakaan,, yakni melakukan penelitan dengan menggunakan data dari berbagai sumber bacaan, seperti perundang-undangan, buku-buku, dan jurnal. Berdasarkan hasil peneltian menyatakan bahwa Pelaksanaan Perjanjian sewa menyewa dump track antara Unit Usaha Otonom Putera Melayu dengan Penyedia Jasa Transportasi belum terlaksana dengan sebagaimana mestinya. Perjanjian yang tertuang di dalam surat perjanjian dijalankan belum maksimal dengan pengikat perjanjian sewa menyewa tidak seimbang antara Unit Usaha Otonom Putera Melayu dengan Penyedia Jasa transportasi. Yang mana kedua belah pihak sama-sama melanggar dari isi perjanjian yang telah disepakati. Artinya, perjanjian tersebut masih lemah karena hak dan kewajiban sewa menyewa bagi pihak yang menyewakan maupun pihak penyewa tidak sesuai dengan apa yang ada dalam surat perjanjian. Dan penyesaian sengketa antara perjanjian sewa menyewa dump track antara Unit Usaha Otonom Putera Melayu dengan Penguaha Penyedia Jasa Transportasi adalah dengan melakukan musyawarah mufakat (kekeluargaan).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 23 Jul 2020 07:03
Last Modified: 23 Jul 2020 07:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28456

Actions (login required)

View Item View Item