Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN PRAKTIK MANDIRI BIDAN DI KECAMATAN RUMBIO JAYA DI TINJAU DARI PASAL 30 PERATURAN MENTERI KESEHATAN NOMOR 28 TAHUN 2017 TENTANG IZIN DAN PENYELENGGARAAN PRAKTIK BIDAN

ERZA FITRIYAH, - (2020) PELAKSANAAN PRAKTIK MANDIRI BIDAN DI KECAMATAN RUMBIO JAYA DI TINJAU DARI PASAL 30 PERATURAN MENTERI KESEHATAN NOMOR 28 TAHUN 2017 TENTANG IZIN DAN PENYELENGGARAAN PRAKTIK BIDAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAMNEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] Text
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Praktik mandiri bidan dalam memenuhi persyaratan praktik di Kecamatan Rumbio Jaya ini menarik perhatian penulis karena persyaratan praktik mandiri tersebut diatur oleh Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 28 Tahun 2017 Tentang Izin dan Penyelenggaraan Praktik Mandiri. Namun prariset yang penulis lakukan diawal pada praktik bidan mandiri di Kecamatan Rumbio Jaya terdapatnya ketidaksesuain terhadap hal-hal yang menjadi syarat praktik bidan mandiri tersebut. Daripada itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan praktik mandiri bidan dalam memenuhi persyaratan praktik kebidanan di Kecamatan Rumbio Jaya dan menganalisis faktor yang menjadi penghambat dalam pelaksanaan praktik mandiri bidan tersebut yang ditinjau dari pasal 30 Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 28 Tahun 2017 Tentang Izin dan Penyelenggaraan Praktik Bidan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian hukum sosiologis yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kulitatif yaitu jenis penelitian yang dilakukan dengan mengadakan identifikasi hukum dan bagaimana efektifitas hukum ini berlaku dalam masyarakat dengan cara turun langsung kelapangan untuk melakukan observasi dan wawancara guna memperoleh gambaran secara jelas dan lengkap tentang suatu keadaan masalah. Berdasarkan hasil riset telah ditemukan bahwa ada beberapa pelaksanaan praktik mandiri bidan di Kecamatan Rumbio Jaya yang tidak sesuai dengan pasal 30 Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 28 Tahun 2017 yaitu terdapatnya persyaratan bangunan dan persyaratan prasarana yang seharusnya harus dilengkapi oleh bidan dalam menjalankan praktik mandiri seperti yang telah ditentukan oleh Peraturan Menteri Kesehatan tetapi belum penulis jumpai ketika pelaksanaan riset di lokasi yang telah ditentukan. Oleh sebab itu, maka terdapatnya ketidaksesuaian tingkat standar persyaratan tempat praktik pelayanan di dalam praktik bidan yang berada di kecamatan Rumbio Jaya. Adapun sebab penghambat dalam melaksanakan pelayanan pada praktik mandiri bidan yang telah berpraktik dikarenakan belum siapnya bangunan tempat praktik, kurang lengkapnya fasilitas kesehatan dan kurangnya obat-obatan. Namun pelaksanaan praktik mandiri bidan di kecamatan Rumbio Jaya telah mendapat izin praktik oleh instansi terkait.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 23 Jul 2020 06:46
Last Modified: 23 Jul 2020 06:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28446

Actions (login required)

View Item View Item