Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KOMUNIKASI PEDAGANG DALAM TRANSAKSI JUAL BELI SEMBAKO DIPLAZA BANGKINANG MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH

Putri Andani, - (2020) KOMUNIKASI PEDAGANG DALAM TRANSAKSI JUAL BELI SEMBAKO DIPLAZA BANGKINANG MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (535kB)

Abstract

ABSTRAK Putri Andani (2020) : “Komunikasi Pedagang dalam Transaksi Jual Beli Sembako di Plaza Bangkinang Menurut Perspektif Ekonomi Syariah” Latar Belakang penelitian ini adalah berdasarkan keingintahuan penulis tentang komunikasi pedagang dalam transaksi jual beli sembako di plaza Bangkinang. Pada observasi awal, penulis masih menemukan adanya pedagang yang melakukan kecurangan dalam menakar timbangan. Dalam praktiknya, tidak menutup kemungkinan bila usaha bisnis memberikan informasi yang akan menyesatkan konsumennya dengan maksud untuk mendapatkan sesuatu yang pada akhirnya merugikan konsumen. Maka dirumuskan masalah, bagaimana komunikasi pedagang dalamtransaksijualbelisembako di Plaza Bangkinangdan bagaimana tinjauan Ekonomi Syariah terhadap komunikasi pedagang dalam transaksi jual beli sembako. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang dilakukan pada pasar Plaza Bangkinang di Jl. Sisingamangaraja Kelurahan Bangkinang Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. Populasi dalam penelitian ini adalah 40 pedagang pemilik sembako, adapun sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik Total Sampling yaitu seluruh populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis adalah observasi, dokumentasi, angket dan wawancara. Kemudian dianalisa menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian bahwa komunikasi pedagang dalam transaksi jual beli sembako di Plaza Bangkinang, sudah dilakukan komunikasi yang baik akan tetapi sebagian pedagang yang tidak memberikan keterangan yang jelas mengenai kondisi dan kualitas barang. Oleh karena itu dalam kenyataannya masih dijumpai adanya pedagang yang tidak transaparan. Namun walau demikian jarang ditemukan keluhan dari pembeli di pasar Plaza bangkinang.Pembeli tetap berbelanja dikarenakan sikap pedagang yang sopan dan selalu mengkonfirmasi takaran timbangan sehingga pembeli merasa puas. Dalam tinjauan ekonomi syariah terhadap komunikasi pedagang di pasar Plaza Bangkinang dalam melakukan transaksi jual beli sembako secara umum telah sesuai dengan prinsip syariah yaitu dilakukan dengan usaha dan niat yang baik dalam komunikasi seperti yang diajarkan Nabi Muhammad Saw yaitu dengan meneladani sifat-sifat Rasulullah (shiddiq, amanah, tablig, dan fathonah).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 27 Jul 2020 04:05
Last Modified: 27 Jul 2020 04:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28438

Actions (login required)

View Item View Item