Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

LABA-LABA DAN KEMUKJIZATAN AL-QUR’AN DALAM PERSPEKTIF TAFSIR ILMY

Nursyarifah Ayni, - (2020) LABA-LABA DAN KEMUKJIZATAN AL-QUR’AN DALAM PERSPEKTIF TAFSIR ILMY. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (815kB)
[img] Text
SKRIPSI NURSYARIFAH AYNI.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK “LABA-LABA DAN KEMUKJIZATAN AL-QUR’AN DALAM PERSPEKTIF TAFSIR ILMY” Oleh: Nursyarifah Ayni Laba-laba salah satu binatang yang dijadikan sebagai perumpamaan di dalam al-Qur‟an. Ayat ini disebutkan oleh Allah Swt menyamakan orang-orang kafir dan orang musyrik penyembahan berhala, dengan Laba-Laba yang membangun sarang yang lemah juga rapuh, sarang itu tidak memberikan perlindungan atau pun kenyamanan. Namun umat Islam tidak mengerti mengapa Allah Swt menamakan sebuah surat dalam al-Qur‟an disebut dengan“al-Ankabut” kecuali setelah mereka mempelajari ilmu biologi, mereka akan mengetahui pula surat-surat di dalam Al-Qur‟an yang diberi nama dengan binatang. Penelitian ini dengan berjudul “Laba-Laba Dan Kemukjizatan Al-Qur‟an Dalam Perspektif Tafsir Ilmy” memiliki rumusan masalah bagaimana epistimologi pemikiran mufassir mengenai Laba-laba dan kemukjizatan dalam tafsir ilmy, bagaimana pesan moral tentang perumpamaan Laba-laba dalam Al-Qur‟an. Penelitian ini menggunakan metode Library Research. sumber data yang di gunakan dalam penelitian terdiri atas sumber data primer dan skunder. Kemudian Mmetode penelitian Tafsir Tahlili, dan di analisis dengan menggunakan metode deskriptif analistis. Berdasarkan analisa data tersebut dapat di ambil berbagai macam informasi yyang terkait keajaiban pada Laba-laba. Terutama dari segi arsitektur dalam membuat bangunan. Dan suteranya Laba-laba lima kali lebih kuat di banding kawat baja dengan ketebalan yang sama. Laba-laba memiliki berbedabeda karakter dan beberapa cara mencari makanan untuk kehidupan sehariharinya. Oleh karena itu, adapun pesan kehidupan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah pertama, persoalan akhlak, kedua, persoalan akidah, ketiga, persoalan sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 24 Jul 2020 06:29
Last Modified: 24 Jul 2020 06:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28429

Actions (login required)

View Item View Item