Ahmad Muhaimin, - (2020) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis ditinjau dari Kemampuan Verbal Siswa Sekolah Menengah Pertama di Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (56MB) |
|
Text
AHMAD MUHAIMIN.pdf Download (57MB) |
Abstract
ABSTRAK Ahmad Muhaimin, (2020): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis ditinjau dari Kemampuan Verbal Siswa Sekolah Menengah Pertama di Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran langsung ditinjau dari kemampuan verbal siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Pekanbaru tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain Factorial Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Pekanbaru, dan sampelnya adalah siswa kelas VIII.1 dan VIII.4 yang diambil dengan menggunakan teknik Cluster Sampling. Adapun bentuk instrumen yang digunakan adalah tes objektif pilihan ganda untuk mengukur kemampuan verbal siswa dan tes uraian untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis. Tes uraian dalam penelitian ini berupa pretest yang diberikan sebelum adanya perlakuan dan posttest yang diberikan setelah adanya perlakuan. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan uji ANOVA dua arah. Berdasarkan hasil dari analisis data penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran langsung, 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang memiliki kemampuan verbal tinggi, kemampuan verbal sedang dan kemampuan verbal rendah, 3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan verbal terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata Kunci : Missouri Mathematics Project, Pemecahan Masalah Matematis, Kemampuan Verbal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 23 Jul 2020 03:43 |
Last Modified: | 23 Jul 2020 03:43 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28421 |
Actions (login required)
View Item |