SELVI WASDI RAHAYU, - (2020) PENGARUH PELAYANAN PRIMA (SERVICE EXCELLENCE) DAN HARGA TERHADAP KEPUASAAN KONSUMEN PADA FANYBELLA RESTO DAN CAFE DI MTC GIANT PANAM DI TINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (776kB) |
|
Text
SKRRIPSI GABUNG.pdf Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK SELVI WASDI RAHAYU (11625203885) : PENGARUH PELAYANAN PRIMA (SERVICE EXCELLENCE) DAN HARGA TERHADAP KEPUASAAN KONSUMEN PADA FANYBELLA RESTO DAN CAFE DI MTC GIANT PANAM DI TINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM Kepuasan konsumen merupakan prioritas utama dalam dunia bisnis karena tingkat persaingan yang sangat ketat dalam suatu usaha. Hal utama agar usaha dapat bertahan, bersaing dan menguasai pangsa pasar adalah dengan cara memberikan tingkat harga yang relatif murah dan meningkatkan serta memperbaiki tingkat pelayanan prima (service excellence). Penelitian ini dilakukan karna terjadinya peningkatan dan penurunan jumlah pengunjung yang datang ke Fanybella Resto dan Cafe dari bulan Januari - September 2019. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh pelayanan prima (service excellence) dan harga terhadap kepuasaan konsumen di MTC Giant Panam dan mengetahui tinjauan menurut ekonomi Islam terhadap pengaruh pelayanan prima (service excellence) dan harga terhadap kepuasaan konsumen di MTC Giant Panam. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang berkunjung pada Fanybella Resto dan Cafe di MTC Giant Panam dengan menggunakan teknik Accidential Sampling dimana peneliti mengambil sampel yang kebetulan peneliti temui pada saat itu. Sampel ditentukan dengan teknik skala likert dengan responden sebanyak 100 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuisioner (angket), dan dokumentasi. Dalam penelitian ini terdiri dari 2 variabel yaitu variabel independen (X) dan variabel dependen (Y). Variabel independen dalam penelitian ini yaitu pelayanan prima (service excellence) (X1) dan Harga (X2), sedangkan variabel dependen pada penelitian ini yaitu kepuasaan konsumen (Y). Teknik analisa data yang digunakan adalah Analisis Deskriptif Kuantitatif dan menganalisis data dengan Analisis Linear Berganda menggunakan program SPSS 23. Hasil penelitian uji t menunjukkan signifikan pelayanan prima (service excellence) (0,027) dan harga (0,000) lebih kecil dari 0,05, sehingga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasaan konsumen. Hasil uji f menunjukkan signifikan 0,000 lebih kecil dari 0,05 sehingga secara simultan pelayanan prima (service excellence) dan harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasaan konsumen. Hasil uji regresi linear berganda Y = 9,707 +0,084X1 + 0,684X2 + e artinya apabila pelayanan prima (service excellence) dan harga adalah kontanta sama dengan nol maka nilai kepuasaan konsumen adalah 9,707, apabila penambahan 1 nilai pada palayanan prima (service excellence) maka nilai kepuasaan konsumen meningkat menjadi 0,084 dan apabila penambahan 1 nilai pada harga maka nilai kepuasaan konsumen meningkat menjadi 0,684. Hasil Koefisien Determinasi (R2) menunjukkan 55,4% bahwa kepuasaan konsumen di pengaruhi oleh pelayanan prima (service excellence) dan harga, 44,6% kepuasaan konsumen dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Tinjauan Perspektif Ekonomi Islam Terhadap Pengaruh Pelayanan Prima (Service Excellence) dan Harga Pada Fanybella Resto dan Cafe di MTC Giant Panam telah menerapkan prinsip Ekonomi Islam. Kata Kunci : Pelayanan Prima (Service Excellence), Harga dan Kepuasaan Konsumen
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | fasih - |
Date Deposited: | 23 Jul 2020 04:20 |
Last Modified: | 23 Jul 2020 04:20 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28416 |
Actions (login required)
View Item |