Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 SIAK HULU KABUPATEN KAMPAR

Irna Permata Sari, - (2020) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 SIAK HULU KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (9MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (779kB)

Abstract

ABSTRAK Irna Permata Sari, (2020): Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Siak Hulu Kabupaten Kampar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Index Card Match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Siak Hulu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 152 orang. Sampel penelitian ini berjumlah 56 orang yang terbagi atas dua kelas yaitu 28 orang pada kelas eksperimen dan 28 orang pada kelas kontrol. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan pertimbangan kelas tersebut memiliki nilai yang homogen. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa di kelas XI, Sedangkan objeknya adalah pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Index Card Match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan design nonequivalent control group design. Pengambilan data menggunakan dokumentasi, observasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Index Card Match terhadap hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan oleh nilai rata-rata yang diperoleh dari hasil posttest dari kedua kelas dimana nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 71,42 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 43,60 disamping itu nilai thitung > ttabel baik dalam taraf signifikan 1% maupun 5% yaitu 8,17 ˃ 2,79 yang berarti bahwa H_o ditolak dan H_a diterima. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 23 Jul 2020 07:14
Last Modified: 23 Jul 2020 07:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28411

Actions (login required)

View Item View Item