Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN LEMBAR AKTIVITAS SISWA (LAS) BERBASIS MODEL LEARNING CYCLE 5-E UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Yenda Rezmi, - (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR AKTIVITAS SISWA (LAS) BERBASIS MODEL LEARNING CYCLE 5-E UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI YENDA REZMI.pdf

Download (27MB)

Abstract

ABSTRAK Yenda Rezmi, (2020): Pengembangan Lembar Aktivitas Siswa (LAS) Berbasis Model Learning Cycle 5-E Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan LAS matematika berbasis Model Learning Cycle 5-E yang valid, praktis dan efektif dalam memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D (Define, Design, Development and Dissemination). Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Tapung tahun pelajaran 2017/2018. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 10 Tapung. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-E sebagai kelas eksperimen yang diterapkan LAS berbasis Model Pembelajaran Learning Cycle 5-E dan VII-F sebagai kelas kontrol yang diterapkan pembelajaran konvensional. Objek penelitian adalah LAS matematika berbasis Model Learning Cycle 5-E. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas LAS yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid (82.00%) dan sangat praktis (89.70% untuk kelompok kecil dan 90.73% untuk kelompok besar). Sedangkan nilai sebesar dan nilai pada taraf signifikan sebesar maka atau , sehingga diterima dan ditolak. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa LAS matematika berbasis model Learning Cycle 5-E ini telah valid, praktis dan dapat memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata Kunci: Lembar Aktivitas Siswa (LAS), Model Learning Cycle 5-E, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 23 Jul 2020 03:53
Last Modified: 23 Jul 2020 03:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28408

Actions (login required)

View Item View Item